Tip supaya cendet bisa nagen



Istilah nagen yaitu ketika kita melihat burung cendet ketika berkicau tidak banyak gerakan dan tingkah, burung hanya berada pada satu posisi dengan terus berkicau sembari menggeleng-gelengkan kepala saja.
Kondisi tersebut biasa disebut posisi burung dalam keadaan nagen ketika berkicau.
Memiliki cendet sudah bisa dalam kondisi nagen ketika berkicau tentu menjadi impian kebanyakan cendet mania, apalagi yang ingin memiliki burung pentet yang bisa dibawa ke gantangan lomba. 

cendet nagen
Cendet anakan
Untuk bisa memiliki burung cendet atau pentet yang bersifat nagen ketika berkicau, berikut ini tips ringan cara merawatnya supaya cendet bisa bersifat nagen.

  1. Pilih cendet dengan kelamin jantan, memiliki bodi ramping dan bagian kepala berwarna hitam atau dalam istilah populernya memiliki blangkon kepala hitam penuh.
  2. Lakukan perawatan mandi malam dan pagi secara rutin dan rajin.
  3. Mandikan burung pada pagi hari, beri pakan EF berupa jangkrik 3 atau 4 ekor dilanjut dengan penjemuran hingga pukul 10 s/d 11 siang.
  4. Selesai penjemuran, burung bisa diteduhkan sembari kita angin-anginkan selama kurang lebih 30 menit dan setelah itu bisa dikerodong hingga malam hari.
  5. Malam hari setelah kegiatan kita longgar sekitar pukul 19 atau 20 malam, kerodong bisa kita buka kemudian burung kita berikan jangkrik sekitar 2 atau 3 ekor.
  6. Selesai pemberian jangkrik, burung bisa kita mandi malam hingga basah, setelah itu angin-anginkan hingga bulunya kering baru kerodong kembali.

Lakukan kegiatan tersebut rutin untuk perawatan burung cendet/pentet supaya bisa tampil nagen dan anteng ketika berkicau, sedangkan settingan lomba maka Sobat perlu mempelajari karakter pokok burung sehingga settingan lomba bisa sesuai dengan karakter cendetnya.

0 Response to "Tip supaya cendet bisa nagen"

Post a Comment

STTB