Tip rawatan harian burung pleci


Merawat semua jenis burung pada dasarnya hampir sama dan tidak terlalu bertele-tele serta  merepotkan, sama halnya dengan rawatan harian burung pleci. Cara merawat burung pleci, maka bisa kita awali dengan coba mengenali kegiatan burung dan makanan burung pleci ketika berada di alam bebas,
sehingga perawatan bisa pleci minimal bisa mennyamai kehidupan harian burung pleci ketika berada di alam bebas. Sehingga Pleci bisa nyaman dan tidak terlalu ekstrim berada di dalam sangkar karena pakan dan perawatan hampir mendekati kehidupan burung ketika di hutan.
Pleci dengan makanan kesukaannya
Namun perawatan saja tidak cukup jika kita ketika membeli bakalan yang kurang bagus, sehingga pemilihan bakalan pleci harus yang bagus dan minimal berkelamin jantan jika Anda ingin memelihara pleci untuk dinikmati kicauannya atau untuk dibawa ke gantangan lomba. 

Jika memelihara Pleci juga disarankan untuk memelihara lebih dari satu ekor, karena burung ini termasuk jenis burung koloni ketika berada di alam bebas.

Perawatan harian pleci :

  1. Pagi benar ketika subuh, keluarkan burung dan gantang berjauhan satu dengan lainnya agar burung saling memanggil dan bersahutan untuk merangsang burung bersuara lantang.
  2. Mandikan burung menjelang udara mulai hangat, sediakan cepuk dengan air bersih/air dingin juga bisa supaya burung mandi sendiri.
  3. Jemur burung secara berjejer satu dengan lainnya supaya burung bisa berkoloni kembali, jemur kira-kira hingga pukul 10:00 saja jika panasnya sedang terik.
  4. Selesai penjemuran, burung bisa masukkan ke dalam rumah digantang jejer atau digantang di teras tempat biasanya sangkar digantang sembari kita beri pakan EF berupa kroto atau UH.
  5. Buah-buahan usahakan selalu tersedia mengingat buah manis dan nectar merupakan pakan kesukaan pleci di alam liar.
  6. Voer atau pakan kering juga bisa disediakan sebagai penambah asupan gizi sehari-hari.

Perawatan burung pleci pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan burung-burung lainnya, hanya kita cukup menyesuaikan pakan dan tabiat burung ketika di alam liar sehingga burung tidak kaget dan mudah beradaptasi.

0 Response to "Tip rawatan harian burung pleci"

Post a Comment

STTB