Membedakan jenis kelamin cendet trotol

Sebagian penyuka burung kicauan ada yang menyukai membeli burung jadi, namun banyak juga kicau mania yang lebih menyukai membeli burung bakalan masih trotolan.
Termasuk cendet mania, mereka mengatakan jika merawat Cendet/Pentet dari trotolan memiliki keasyikan dan tantangan tersendiri. Akan sangat memuaskan jika Cendet trotolannya bisa menjadi burung yang gacor dengan banyak variasi isian lagu.

Memang memelihara burung Cendet dari trotolan akan lebih mudah untuk dibentuk dan dimaster daripada membeli Cendet dewasa tangkapan hutan.
Cendet trotolan
Namun memang jika kita ingin memiliki Cendet petarung dengan aneka lagu isian tentunya kita harus membeli Cendet berjenis kelamin Jantan karena Cendet jantan dipercaya lebih memiliki banyak variasi lagu dibandingkan dengan betina.

Bagaimana membedakan jantan betina cendet trotol ?

Akan tetapi memilih Cendet trotolan akan sedikit mengalami kesulitan untuk membedakan cirri kelamin jantan dan betinanya, karena secara kasat mata keduanya akan terlihat mirip/hampir sama. Namun hal tersebut bukan berarti tidak bisa dibedakan jenis kelaminnya untuk Cendet yang masih dalam kondisi trotolan, berikut ini cara membedakan jantan betina Pentet trotol.

Yang seperti admin dapatkan dari forum-forum burung dan Cendet mania, membedakan cendet masih trotolan yang betina dan jantan dikatakan bisa dilihat warna slip putih pada bagian sayapnya. Warna slip pada kedua sayap cendet trotol jika berwarna putih cerah/terang maka bisa jadi Cendet trotol tersebut jantan. Sebaliknya jika warna slip tersebut kusam dan buram maka cendet berjenis kelamin betina.

Untuk melihat warna slip pada sayap bisa Sobat lakukan dengan membentang/membuka sayap burung Cendet.

Meskipun hal tersebut tidak seratus persen akurat, namun setidaknya bisa menjadi referensi Anda yang akan memilih Cendet jantan yang masih trotolan.

0 Response to "Membedakan jenis kelamin cendet trotol"

Post a Comment

STTB