Melatih burung pleci untuk lomba

Burung pleci dalam keseharian di rumah sudah gacor dan ngalas belum tentu jika di atas gantangan juga akan demikian. Untuk mengetahui bagaimana mental Pleci milik kita jika dibawa ke gantangan lomba bisa dengan mengkondisikan Pleci seolah-olah sedang berlomba di rumah.
Kita bisa membuat gantangan kecil sendiri di rumah, kemudian tes coba burung gacoan kita apakah ketika digantang di gantangan simulasi burung mau ngalas dan ngerol. Ketika mendapati Pleci di atas gantangan simulasi mau ngalas dan ngerol, maka untuk mengujinya Sobat bisa coba berdiri dan dekati sangkar, bagaimana reaksi burung gacoan kita.
Suasana lomba Pleci
Jika burung tetap tenang dan masih meneruskan aktivitas ngalas dan ngerolnya, maka burung bisa dikatakan siap dibawa ke lomba. Namun jika burung ketika kita dekati justru loncat-loncat dan berhenti ngalas ngerol, maka burung masih belum memiliki nyali di atas gantangan lomba.

Berikut ini beberapa tip rawatan pleci lomba yang tipburung dapatkan dari blog burung kicau193, berikut ini caranya :

Rawatan harian pleci lomba.

  1. Mandikan burung pada malam hari, sekitar pukul tujuh – Sembilan malam menggunakan sprayer hingga basah benar.
  2. Setelah dimandikan, burung bisa dianginkan di tempat yang terang dan hangat sembari diberi ulat hongkong atau kroto.
  3. Selesai dimandikan malam dan diberi UH atau kroto, burung bisa dikerodong kembali hingga pagi harinya.
  4. Pagi harinya, burung bisa diembunkan dan disemprot kembali untuk dimandikan di pagi hari kemudian bisa diberikan EF berupa UH yang sedang putih atau Kroto.
  5. Jemur burung hingga pukul 10:00 pagi saja dengan cara dijejerkan dengan pleci lainnya.
  6. Selesai penjemuran, anginkan burung selama 15 menit dengan cara dijauhkan dengan pleci lainnya, jika burung sudah mau ngalas dan ngerol keras menandakan burung siap dibawa ke gantangan lomba.
  7. Dalam kondisi ngalas dan ngerol kita dekati burung masih melanjutkan aktivitasnya dan tidak takut, menandakan jika burung siap dibawa ke lomba.
Jadi mental burung siap lomba atau tidak bisa kita tes dengan simulasi sebuah lomba, sehingga burung tidak kaget ketika berada di gantangan lomba. Selain itu, sering mengajak Pleci jalan-jalan juga bisa meningkatkan mental burung ketika berada di keramaian.

0 Response to "Melatih burung pleci untuk lomba"

Post a Comment

STTB