Kenapa burung pleci perlu dikerek di atas


Sebagian pleci mania biasa mengkerek sangkar Pleci di ketinggian atas dengan sebatang bambo atau pada dahan pohon yang tinggi. Tapi sebenarnya apa manfaat menggantang sangkar burung Pleci di ketinggian, hal tersebut yang tentu membuat rasa penasaran saya.
Karena semenjak kecil dahulu, yang biasa digantang di atas hanya burung perkutut saja sedang burung kicau lainnya tidak.
Mengkerek pleci di ketinggian

Bermanfaat positif atau hanya mitos ?

Menurut senior-senior penyuka Pleci, mengkerek sangkar pleci di ketinggian dan terpisah dengan koloni lainnya dipercaya mampu mempercepat burung Pleci ngalas dan buka paruh. Karena ketika melihat pleci di alam bebas dan terpisah dengan koloninya biasanya burung akan memanggil koloni lainnya dengan cara bertengger di atas dahan yang tinggi sambil mengeluarkan nada call berulang-ulang yang lama kelamaan menjadi suara ngalas. Dari pengamatan tersebut menjadikan pleci mania mencoba menerapkan gantangan model kerekan di ketinggian


Dalam kondisi pleci terpisah di atas dan mencari-cari koloni lainnya biasanya burung akan sering ngerol dan berkicau terus jika burung berkelamin jantan, sementara betinanya akan menyahut-sahut suara panggilan jantannya.


Namun demikian, membuat kerekan di atas dan tinggi, lebih baik jika kerekan dibuat sebaik dan sekuat mungkin. Karena ketika sangkar di atas, terpaan angin juga kencang dan jika kerekan tidak baik dan kuat maka bisa berakibat sangkar akan jatuh dan yang paling fatal burung kesayangan bisa mati karena jatuh atau lepas. Buat sebaik dan seaman mungkin jika Anda inginmembuat kerekan sangkar pleci di atas.


Baik Sobat Pleci mania, semoga artikel ini berguna dan bermanfaat..

0 Response to "Kenapa burung pleci perlu dikerek di atas"

Post a Comment

STTB