Cara menjadikan pleci bakalan menjadi jawara

Pamor burung Pleci semenjak beberapa bulan ini kian hari kian meningkat, burung yang dahulu dipandang sebelah mata ini kini banyak menjadi buruan penggila burung kicau jenis kecil. Selain memiliki ciri khas dengan tembakannya yang bisa beberapa kali ketukan tembakan, Pleci juga bisa ngeriwik dan ngeroll dengan aneka suara isiannya.

Di alam bebas, burung Pleci hidup dengan berkoloni secara bergerombol dalam mencari makan berupa buah-buahan, nectar dan serangga kecil-kecil.


Pleci
Memilih bakalan dan kemudian merawatnya hingga burung Pleci menjadi rajin berbunyi bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan kesabaran serta ketelatenan sehingga burung bisa menjadi rajin berkicau dalam kesehariannya. Lalu bagaimana perawatan burung Pleci supaya bisa menjadi rajin berbunyi, berikut ini tips ringan yang bisa Anda coba terapkan di rumah.

Pakan Pleci

Berikan buah-buahan manis untuk burung Pleci, usahakan selalu buah dalam keadaan segar dengan cara diganti dengan yang baru setiap pagi. Saya biasa memberikan buah berupa pisang kapok, jambu biji matang, papaya, apel dll. Selain buah, Pleci juga perlu EF seperti kroto, ulat hongkong dan ulat kandang.

Air minum untuk Pleci.

Sediakan 2 cepuk tempat air, satu kecil dan satunya besar. Biasanya Pleci akan mandi menggunakan cepuk yang besar, jadi supaya air yang buat mandi tidak diminum lebih baik sediakan 2 cepuk.

Vitamin burung.

Berikan vitamin burung sebagai penambah stamina burung, banyak aneka ragam merk vitamin burung yang bisa coba Anda berikan ke Burung Pleci kesayangan Anda asalkan jangan berlebihan.

Rajin dimandikan.

Jika Anda memiliki Pleci yang belum mau mandi sendiri, lebih baik burung selalu rutin dimandikan pada pagi dan sore hari untuk menjaga kebersihan bulu burung dan sekaligus menjaga kelembaban tubuh pada burung.

Jika burung sudah mau mandi sendiri, maka kita hanya perlu mengganti atau mengisi cepuk air yang khusus buat mandi.

Penjemuran.

Lakukan penjemuran rutin dengan cara dijajar sesame sangkar Pleci pada pagi dan sore hari, lama penjemuran bisa dilakukan selama 1 s/d 2 jam setiap pagi dan sore harinya.

Demikian tips dan cara perawatan Pleci supaya bisa cepat buka paruh dengan bersuara lantang ngalas. Semoga tip ini berguna dan bisa menjadi panduan Anda dalam merawat Pleci kesayangan di rumah.

0 Response to "Cara menjadikan pleci bakalan menjadi jawara"

Post a Comment

STTB