Apa sih asyiknya memelihara burung pleci



Burungnya kecil dan suaranya kecil kata orang-orang, jadi apa asyiknya sih memelihara burung pleci kacamata ?, pertanyaan dan komentar tersebut yang sering kali muncul dari orang yang melihat sebelah mata terhadap kualitas dan performa burung Pleci.
Meskipun komentar dan celoteh miring tentang burung Pleci banyak juga, namun kenyataannya penyuka dan penggila burung Pleci dari hari ke hari justru semakin banyak dan hampir setiap ada lomba burung selalu ada dibuka kelas untuk Pleci. Bahkan event Latpres khusus burung Pleci semakin sering diadakan dan peminatnya tetap membludak dan selalu ramai.
Pleci dada putih
Jadi apa saja sebenarnya kelebihan burung Pleci, sehingga bisa menjadi magnet tersendiri bagi peminat kicau burung kecil sehingga Pleci bisa mengalahkan burung kecil lainnya.

Berikut ini kelebihan burung Pleci sehingga peminatnya cukup stabil dan bahkan terus meningkat hingga hari ini :

  1. Ukuran mini/kecil sehingga hanya membutuhkan sangkar yang mini juga “tidak terlalu besar” sehingga sangat mudah dibawa-bawa untuk latber atau sekedar jalan-jalan.
  2. Termasuk burung yang cepat dan mudah beradaptasi.
  3. Harga bakalan Pleci yang relatif murah dan terjangkau, sehingga sering menjadi alternatif kicau mania berkantong minim.
  4. Mudah dalam perawatan sehari-hari, misal makanan diberi Voer plus air minum saja juga bisa atau ditambah buah, serangga kecil ataupun air gula/madu. Tanpa serangga seperti kroto atau UH Pleci juga tetap masih mau berkicau.
  5. Mudah berkicau, sehingga kicau mania mudah dan cepat menikmati kicaunya di rumah. Jika dalam kondisi sehat dan fit, Pleci akan terlihat lincah dan lucu untuk dinikmati dengan dilihat tingkahnya..
  6. Bisa dimaster dan dijadikan masteran, inilah keistimewaan burung Pleci dibanding burung kecil lainnya. Pleci bisa meniru suara burung lain, semisal ciblek, kenari, blacktroath dll..Digantang bersama burung lain yang bisa dimaster, Pleci juga bisa menjadi alternatif masteran.

Artikel ini saya tulis berdasarkan pendapat dari teman-teman kicau mania dari PCMI Cilacap, sehingga apa yang tip burung tulis bisa benar-benar mewakili pendapat dari teman-teman penyuka burung Pleci sesungguhnya. Salam kicau

0 Response to "Apa sih asyiknya memelihara burung pleci"

Post a Comment

STTB