Trik memasang ring pada burung piyikan

Ring atau cincin pada kaki burung sejatinya merupakan salah satu cara untuk memberikan identitas pada burung tersebut. Baik identitas keturunan, nama ataupun sebagai penanda.
Tetapi pernahkah Anda mengalami kesulitan saat akan memasang ring pada kaki burung yang akan dipasangi, bagaimana cara memasang ring yang aman dan tidak melukai kaki burung ?.

Ring pada kaki burung merupakan identitas burung
Tips ini sebenarnya cukup banyak dishare di blog-blog burung, tetapi tidak ada salahnya jika saya ulas kembali untuk melengkapi artikel di blog hobi193 ini. Berikut ini caranya :

Memasang cincin ring pada kaki burung 

  1. Lakukan pemasangan ring pada saat usia burung masih 5-10 hari.
  2. Pilih dan pastikan ukuran cincin pas pada kaki burung saat dewasa, jangan sampai cincin justru menghambat pertumbuhan kaki burung saat dewasa karena cincin sangat ketat.
  3. Pegang burung dengan sangat hati-hati, ketika hendak memasang cincinnya, burung muda biasanya tulang dan sendinya masih rentan dan lunak.
  4. Himpitkan kaki seperti pada gambar di bawah ini, jika dirasa mengalami kesulitan ketika akan memasukkan ring ke pergelangan kaki burung, gunakan baby oil atau lotion lainnya agar kaki burung tidak luka.
    Urutan langkah memasang ring pada kaki burung piyikan
Demikian Sobat, semoga artikel ini bisa membantu Sobat dalam cara memasang ring pada kaki burung anakan yang akan Sobat beri identitas.. Selesai pemasangan, harap lakukan monitoring pada perilaku burung yang baru saja dipasangi ring atau cincin tersebut. 

Semoga bermanfaat 


0 Response to "Trik memasang ring pada burung piyikan"

Post a Comment

STTB