Cilacap free flight, sebuah komunitas penggemar burung kekep babi

Bagi kalangan kicau mania, burung Kekeb Babi terdengar asing dan tidak terlalu dikenal. Karena burung ini hanya digemari oleh kalangan terbatas, yaitu penyuka burung terampil atau terlatih saja.
Apa itu burung-burung terlatih/terampil ?. Penggemar burung jenis terlatih/terampil, sengaja menyukai burung ini hanya untuk dilatih terampil saja, misalkan seperti penggemar Falconer atau komunitas penggemar burung hantu.
Penggemar kekeb babi sedang melatih burung miliknya

Cilacap free flight

Siapakah Cilacap free flight ?. Jika di Jogjakarta ada JFF atau Jogja Free Flight, di Cilacap ada wadah penggemar free flight bernama CFF. Cilacap free flight sendiri merupakan wadah perkumpulan penggemar burung Kekep Babi. Free flight sendiri artinya memberi kekebasan pada burung Kekeb babi kesayangannya untuk terbang bebas lepas di lapangan atau tempat terbuka.

Saat free flight tersebut, penggemar Kekep babi akan membawa kandang burungnya ke lapangan atau tempat terbuka untuk membebaskan burung peliharaannya terbang bebas. Biasanya untuk memanggil balik Kekeb babi, pemilik akan meniup peluit dengan bunyi tertentu dan burung akan pulang ke pemiliknya dengan mendengar bunyi peluit dan melihat warna sarung tangan pemiliknya.

Suara kurang menarik

Kekeb babi memang bukan golongan dari burung kicauan, burung ini memiliki suara yang terdengar seperti burung sriti atau walet. Kekeb babi dipelihara untuk dinikmati atraksinya dengan dilepas terbang berputar-putar kemudian dipanggil dengan peluit dan hinggap di tangan pemiliknya.
Burung diberi warna agar tidak tertukar saat gathering

Menurut salah satu anggota CFF, untuk harga seekor Kekeb babi yang sudah atraktif dan jinak bisa tidak terhitung harganya dan semua tergantung peminatnya akan menghargai berapa.

Untuk memiliki seekor Kekeb babi yang jinak, terlatih dan bisa diajak beratraksi, para penggemar Kekeb babi harus memelihara dari piyikan/lolohan. Menurut Om. Angki dan Om Gareng, untuk memiliki seekor Kekeb babi bakalan, mereka harus merogoh dompet sebesar 300ribu rupiah.
Burung yang masih muda, hingga di buku agenda saya
Rata-rata mereka membeli piyikan Kekeb babi pada usia 1 minggu, untuk dipelihara hingga bisa diajak berinterkasi. Biasanya Kekeb babi yang sudah bisa diajak interkasi berusia sekitar 1-2 bulanan.

Melatih burung kekep babi

Menurut Om Angki, untuk bisa sampai memiliki seekor Kekeb babi yang bisa diajak Free Flight di tempat terbuka, harus melalui tahapan pelatihan hingga burung bisa dilepaskan bebas dan diajak komunikasi untuk hinggap di tangan.

Urutan tahapan melatih Kekeb babi tersebut meliputi :
  1. JTM : Jump To Me, artinya melatih burung untuk belajar melompat pada pemiliknya.
  2. FTM : Fly To Me, artinya melatih burung untuk belajar terbang ke pemiliknya dari jarak tertentu.
Untuk melatih Kekeb babi, pemiliknya biasanya menyiapkan peralatan seperti pakan serangga sebagai hadiahnya, peluit dan juga sarung tangan berwarna.

0 Response to "Cilacap free flight, sebuah komunitas penggemar burung kekep babi"

Post a Comment

STTB