Tips Cara Atasi Jalak Suren Memecahkan Telurnya Sendiri

Tips Cara Atasi Jalak Suren Memecahkan Telurnya Sendiri - Sudah pernahkah anda mencoba menangkar burung Jalak Suren? Apakah anda memiliki kedala dalam penangkarannya? Sebagian masalah tentu dihadapi waktu menangkar jalak suren ini, lantaran Jalak Suren memanglah populer dengan ciri-ciri yang sulit ditebak. Kadang-kadang diam serta " taat " namun dapat pula beralih jadi ganas dalam waktu relatif cepat. Perlu waktu untuk menangkar jalak suren bila menginginkan sukses. Masalah yang seringkali yaitu jalak suren yang memecahkan telurnya sendiri.

Dalam beternak/menangkar jalak suren diperlukan ketelatenan, kesabaran serta pengamatan yang baik. Kita sebaiknya mengetahui ciri-ciri indukan JS yang bakal kita breeding untuk meminimalkan resiko kegagalan dalam beternak JS. Pada artikel terlebih dulu sudah kami berikan mengenai langkah Cara Mudah Beternak Burung Jalak Suren. Namun memanglah semua tidak selamanya sesuai sama gagasan serta angan-angan kita. Terkadang ada masalah dalam beternak Jalak Suren, termasuk juga JS yang memecahkan telurnya sendiri. Jalak suren yang memecahkan telurnya sendiri sesungguhnya dapat dikarenakan oleh sebagian aspek. Untuk tahu lebih detail, simak artikel jalan keluar tangani jalak suren memecahkan telurnya sendiri di bawah ini.

http://miefbird.blogspot.com/2016/06/tips-cara-atasi-jalak-suren-memecahkan.html
Tips Cara Atasi Jalak Suren Memecahkan Telurnya Sendiri


Jalak suren yang memecahkan telurnya sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab jalak suren memecahkan telurnya sendiri :

1. Birahi indukan JS yang terlalu tinggi (Over Birahi). Ini menjadi faktor penyebab mengapa JS memecahkan telurnya sendiri. Biasanya JS jantanlah yang suka memecahkan telur. Meskipun ada beberapa kasus indukan JS betina juga memecahkan telurnya sendiri.

2. Perkawinan yang dipaksa. Secara psikologis, JS yang belum siap kawin tetapi dipaksa kawin akan menunjukkan perilaku yang aneh, termasuk memecahkan telurnya sendiri.

3. Bertelur pertama kali. Bagi penangkar JS, saat JS betina bertelur pertama kalinya memang prosentase menetasnya masih 50:50. Karena biasanya indukan yang baru pertama kali bertelur akan merusak dan memcahkan telurnya sendiri.

4. Kondisi glodok yang terlalu panas. Ini bisa membuat birahi JS menjadi tinggi/over sehingga memecahkan telurnya sendiri.

Itulah beberapa penyebab/faktor kenapa JS memecahkan telurnya sendiri. Sekarang kita menuju ke topik awal yaitu solusi atasi jalak suren menecahkan telur sendiri.

Tips Cara Atasi Jalak Suren Memecahkan Telurnya Sendiri


Amati indukan Jalak Suren jantan dan betina

Pengamatan induka JS jantan dan betina wajib anda lakukan. Ini bertujuan untuk mengetahui JS mana yang hobi memecahkan telurnya. Biasanya indukan JS jantanlah yang suka memecahkan telur.

Pisahkan/indukan JS jantan dari JS betina

Memisahkan indukan JS jantan dari JS betina di sangkar yang terpisah, namun masih dalam satu kandang penangkaran. Ini bisa anda lakukan saat hari pertama indukan JS betina bertelur. Setelah dipisahkan, anda bisa mengamati perkembangannya.

Kurangi pemberian EF

EF seperti jangkrik memang sangat penting bagi JS yang sedang kawin/bertelur. Tetapi jika JS menunjukkan perilaku memecah telur sendiri, maka anda bisa mengurangi porsi EF. Karena over birahi bisa menyebabkan perilaku merusak/memecahkan telur. simak juga Menu Makanan Sehat Burung Jalak suren.

Buat glodok senyaman mungkin

Perilaku memecah telur sendiri pada JS bisa juga disebabkan karena kondisi glodok terlalu panas. Untuk itu jika memang terlalu panas anda bisa memberikan kesejukan baru, misalnya dengan menambah pohon-pohon yang rindang agar lebih sejuk.

Gunakan indukan lain untuk mengerami

Solusi ini bisa anda lakukan jika indukan JS jantan dan betina suka memecah telurnya sendiri. Anda bisa memindahkan telur ke indukan lain yang sedang mengeram/angrem agar untuk dierami.

Ganti pasangan

Solusi lain adalah anda mengganti pasangan JS yang akan dibreeding. Ini bisa anda lakukan jika ada alternatif indukan JS lain yang lebih baik.

0 Response to "Tips Cara Atasi Jalak Suren Memecahkan Telurnya Sendiri"

Post a Comment

STTB