Merawat pleci cuma ngeriwik tapi belum buka paruh


Pernahkah Sobat mengalami Pleci bakalan milik Anda terlihat cuma ngeriwik terus dan belum juga mau buka paruh, padahal burung sudah dirawat cukup lama.
Rupanya permasalahan seperti ini tergolong persoalan yang sering terjadi dan hampir rata-rata pemilik Pleci dari beli bakalan pernah mengalaminya.

pleci ngeriwik terus belum mau bukpar
Pleci bakalan
Kemudian perawatan dan penanganan bagaimana yang harus Sobat lakukan ketika mendapati burung kacamata yang hanya ngeriwik dan tidak kunjung buka paruh, apalagi ngalas kenceng ?.

Tips ini bukan pengalaman pribadi penulis, tetapi merupakan pengalaman Pleci mania lainnya yang disarankan dalam sebuah grup penyuka burung Pleci di facebook. Bagaimana caranya, simak di bawah ini.

  • Rajin diembunkan pagi hari sekitar pukul 05:00 lebih, kemudian setelah diembunkan, berikan 1 cepuk madu murni atau nektar buatan yang segar juga bisa.
  • Gantang sangkar Pleci di pohon yang tinggi atau jika Sobat sempat membuat, buatkan saja kerekan sangkar yang tinggi, lakukan pengerakan setelah penjemuran pagi, kerek sangkar sampai siang sebelum jam 11 siang.
  • Setelah pengerekan, sangkar bisa digantung di teras-teras rumah atau dalam rumah di tempat yang sejuk tetapi terdapat hembusan angin yang sejuk dan semilir.
  • Saat pengantungan untuk dianginkan, burung bisa sambil diputarkan suara-suara terapi koloni Pleci yang ramai dan agak bising. Buat suara senatural mungkin, jangan terlalu lirih tetapi jangan terlalu kencang.
  • Mendengar suara-suara koloni Pleci yang bising dan terus berbunyi, biasanya Pleci terpancing untuk ngeriwik kasar dan lama-kelamaan akan terlihat teler hingga buka paruh.

Pemberian pakan tambahan seperti UH atau Kroto juga bisa dilakukan dalam porsi biasa/secukupnya selama masa perawatan tersebut. Tips ini hanya merupakan salah satu cara, untuk hasil tetap tergantung pada umur, mental dan kualitas burung Pleci itu sendiri.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 Response to "Merawat pleci cuma ngeriwik tapi belum buka paruh"

Post a Comment

STTB