Burung sulit buang kotoran, coba perawatan ini


Pernahkah Sobat melihat burung kesayangan Anda kesulitan buang kotoran atau pup ?, tanda burung kesulitan buang kotoran biasanya terlihat dengan burung yang berjingkat-jingkat untuk mengeluarkan kotorannya dari kloaka.
Ada banyak sebab/faktor yang bisa menyebabkan burung kesulitan buang kotoran, biasanya bisa disebabkan oleh berak kapur, kemudian di area kloaka ada kotoran yang mengering dan menyumbat burung BAB. Lalu bagaimana merawat burung yang kesulitan buang kotoran ?

pleci, pleci kesulitan buang kotoran
pleci berjingkat-jingkat susah buang kotoran
Sebelum melangkah lebih lanjut mengenai perawatan burung yang kesulitan buang kotoran, ada baiknya burung tersebut dikarantina atau pisahkan terlebih dahulu dari burung lainnya. Tempatkan burung di tempat tersendiri dengan sangkar yang bagian alas sangkarnya dilapisi kertas koran atau tisu untuk menampung kotorannya. Hangat sangkar menggunakan lampu kecil kira-kira 5 watt saja, jangan lebih dari itu, bisa kepanasan.

Dalam masa pemisahan tersebut, berikan pakan-pakan yang banyak mengandung gizi berprotein seperti kroto bersih dan segar, madu, tepung daging, buah-buahan atau serangga bersih pilihan.

Untuk lebih cepat mengatasi mengobati burung yang kesulitan buang BAB, memberikan obat-obatan untuk burung juga bisa dilakukan dengan membelinya di kios-kios penjual obat burung dan unggas.

Tetapi jika burung yang mengalami kesulitan BAB merupakan burung pemakan buah juga, pemberian buah berupa pepaya juga disarankan untuk memperlancar BAB burung tersebut.

0 Response to "Burung sulit buang kotoran, coba perawatan ini"

Post a Comment

STTB