Mengobat kenari digigit nyamuk atau terkena jamur


Salah satu problem yang sering terjadi pada burung kenari adalah kakinya sering terlihat bentol-bentol karena terkena serangan jamur atau digigit nyamuk.
Jika terjadi demikian, bagaimana merawat dan mengobatinya ? tentu jika kita mengalami kejadian tersebut segera melakukan penanganan khusus supaya sakit pada kaki kenari tidak semakin meluas dan parah.

Kaki kenari terkena jamur
Biasanya jika sakit gigitan nyamuk atau serangan jamur pada kaki kenari semakin parah, burung akan terlihat pincang dan sering mengangkat kaki di dalam sangkar. Dan celakanya, sakit tersebut akan diikuti dengan menurunya performa burung. Kenari yang semula rajin bunyi dan lincah, tetapi karena sakitnya tersebut, burung  jadi mungkek bunyi dan cenderung nyekukruk diam di dalam sangkar.

Bagaimana merawat kaki burung kenari yang digigit nyamuk atau terkena jamur ?

Menurut teman-teman dari breeder dan komunitas kenari, untuk mengobati burung kenari yang kakinya bengkak karena digigit nyamuk atau bintik-bintik karena jamur, kita dapat melakukan perawatan sebagai berikut di bawah ini.
  • Jika terkena gigitan nyamuk, pengobatan bisa dilakukan dengan mengurutkan atau mengoleskan minyak kayu putih atau minyak tawon pada kaki burung yang digigit nyamuk.
  • Sedangkan jika terkena jamur, oleskan salep kulit seperti salep 88 atau ultracilin. Sebelum dioleskan, kaki burung bisa dibersihkan terlebih dahulu dengan merendamnya pada larutan steril revanol baru kemudian diolesi dengan salep anti jamurnya.
Khusus untuk jamur, harus dilakukan tindakan lanjutan yaitu dengan membersihkan sangkar, tangkringan dan juga kerodong sangkar. Bersihakan dengan mencucinya dan jemur pada terik matahari supaya jamur-jamur parasit musnah dan mati. 

Semoga bermanfaat

0 Response to "Mengobat kenari digigit nyamuk atau terkena jamur"

Post a Comment

STTB