Tips Cara Persiapan Sebelum Memelihara Jalak Putih

miefbird : Tips Cara Persiapan Sebelum Memelihara Jalak Putih - Jalak Putih (Sturnus melanopterus), adalah salah satu spesies dari sekian banyak spesies burung Jalak yang ada di Indonesia. Populasi burung Jalak Putih ini tersebar di pulau Jawa, Bali, Lombok, Sumatra dan Kalimantan. Burung jalak putih ini juga merupakan jenis burung jalak yang paling banyak disukai dan dipelihara oleh para pecinta burung kicauan. Selain sebagai hobi, memelihara burung jalak putih juga ternyata memiliki keuntungan lain, yakni mampu menghilangkan jenuh dikala tekanan pekerjaan yang terasa begitu berat, perasaan kita akan sedikit lebih tenang ketika mendengarkan kicauan burung jalak putih ini.

Bagi kalangan penggemar burung, burung Jalak Putih dianggap sebagai burung tengahan berada di antara Jalak Suren dan Jalak Hitam. Jalak putih termasuk burung yang eksotis karena memiliki penampilan yang cantik, serta memiliki suara yang tidak kalah baiknya dibanding Jalak Suren maupun Jalak Hitam. Namun sayang populasi burung Jalak Putih ini pun saat ini sedang berada diambang kepunahan, karena maraknya perburuan terhadap burung ini di alam. Keberadaan burung ini telah dilindungi oleh undang-undang, karena populasinya semakin sedikit.

http://miefbird.blogspot.com/2016/06/tips-cara-persiapan-sebelum-memelihara.html
Tips Cara Persiapan Sebelum Memelihara Jalak Putih

Akan Tetapi, sebelumnya mengambil keputusan untuk pelihara burung jalak putih, supaya nanti tak kecewa, ada baiknya Anda memperhatikan banyak hal. Mengenai beberapa hal yang perlu Anda cermati saat mengambil keputusan untuk pelihara burung jalak yaitu seperti berikut.

Memilih Burung Jalak Putih yang Berkualitas

Memilih burung jalak yang berkualitas adalah syarat wajib dalam persiapan memelihara burung jalak. Ya, Anda tentunya tidak ingin memelihara burung jalak dan mengurungnya dalam sangkar tanpa menikmati kicauannya yang merdu dan khas. Salah memilih burung, bisa jadi malah akan membuat Anda murung. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar Anda bisa memilih burung jalak yang berkualitas?

Perhatikan Ciri Fisik Burung Jalak

Ya, burung jalak putih yang bagus dan berkualitas adalah yang memiliki bentuk tubuh yang panjang dan berisi. Pastikan untuk memilih burung jalak yang memiliki punggung lurus dengan ukuran panjang tubuh dan beratnya sesuai. Selain itu, pilihlah burung jalak yang memiliki bulu putih mengkilap, rapi, halus, dan terkesan kering.

Untuk mengetahui apakah jalak yang hendak kita pilih itu memiliki bulu bagus, Anda bisa menyemprotkan air ke atas bulunya. Jika air tersebut tidak menempel pada bulunya, maka dapat dipastikan jalak tersebut bagus. Perhatikan pula sayapnya, pastikan burung jalak yang hendak Anda pilih memiliki sayap yang kuat,  dan tidak terkulai.

Terakhir, pastikan burung jalak yang hendak dipilih memiliki paruh yang lurus, serta kaki dan kukunya kuat dan bersih. Kaki-kaki yang tidak kokoh akan mengganggu aktivitas burung di dalam sangkar. Sedang kukunya yang kotor menandakan bahwa burung tersebut sedang dalam kondidi yang kurang sehat.

Perhatikan Suara dan Kicauannya

Tujuan Anda memelihara burung jalak putih adalah untuk mendengar kicauannya yang menakjubkan. Untuk itu, sebelum memutuskan memeliharanya, pastikan terlebih dahulu bahwa burung jalak yang hendak dipelihara itu sering berkicau, suaranya keras, dan selalu memberikan respon ketika dipanggil.

Ya, burung jalak putih yang baik akan memberikan respon ketika ada yang memanggil namanya atau dipanggil dengan siulan. Bisanya burung-burung itu akan berkicau dengan kencang ketika ada yang memanggil. Kicauannya akan bersahutan dengan siulan orang yang memanggilnya. Lama kelamaan bunyi siulan tadi bisa saja ditiru oleh si burung jalak.

Perhatikan Sikap atau Perilakunya

Burung jalak putih yang berkualitas biasanya memiliki gerakan yang lincah, cekatan, dan energik. Namun, dibalik gerakannya yang aktif, pastikan bahwa burung itu masih memiliki sikap tenang. Pastikan burung jalak memiliki gerakan yang terarah, tidak pernah membentur sangkar (karena ketakutan), dan tidak terlihat murung.

Setelah ciri-ciri fisik tersebut terpenuhi, saatnya Anda melakukan hal kedua, yakni membedakan jenis kelamin burung. Ini perlu dilakukan mengingat burung jalak yang berkelamin jantan dan berkelamin betina memiliki perbedaan yang sulit dibedakan. Lantas, bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung jalak putih ini? Berikut Ulasannya Cara Terbaik Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina..

0 Response to "Tips Cara Persiapan Sebelum Memelihara Jalak Putih"

Post a Comment

STTB