Tepung ikan untuk burung dari limbah tulang ikan


Pemenuhan kalsium tambahan untuk burung kicauan selain dari bubuk kulit telur atau tulang ikan sotong, dengan memanfaatkan limbah tulang ikan untuk dijadikan tepung juga bisa menjadi alternatif pemenuhan gizi kalsium untuk burung.

Menurut penelitian, di dalam tulang ikan terdapat kandungan kalsium berupa kalsium fosfat yang bisa mencapai 14% dari total susunan tulang-tulangnya. 
Limbah tulang ikan | Foto : agrobur.com
Sedangkan mineral utama yang terdapat dalam ikan adalah berupa kalsium dan fosfor, adapun mineral lainnya yang juga bisa kita temui dalam tulang ikan adalah natrium, fluor dan magnesium.

Ide tulisan ini justru berasal dari kicau mania dari luar negeri, mereka sudah lebih dahulu memanfaatkan limbah tulang ikan yang dibuat menjadi tepung untuk kemudian tepung tersebut dicampurkan dengan pakan kering voer. Jika Anda tertarik mencobanya, silahkan dicoba caranya di bawah ini.

Membuat tepung ikan dari limbah tulang ikan 


  1. Siapkan limbah tulang ikan seperti tulang ikan tuna, tongkol, gabus atau ikan Mas. Bisa dipilih salah satu, untuk hasil yang banyak, siapkan banyak juga limbah tulangnya.
  2. Bersihkan dan pisahkan sebisa mungkin tulang dari sisa-sisa daging ikan.
  3. Tulang yang sudah dicuci dan bersih dari sisa daging ikan, direbus dalam air mendidih hingga 15 menitan.
  4. Dalam kondisi sudah matang direbus, bersihkan lagi tulang-tulang tersebut dari sisa-sisa dagingnya, bersihkan menggunakan sikat gigi yang bersih.
  5. Cuci lagi tulang ikan yang selesai dibersihkan.
  6. Jika Anda memiliki oven, silahkan oven tulang-tulang tersebut selama 30menit dalam suhu 50-60 derajat C, tapi jika Anda tidak memiliki oven, dijemur juga tidak apa-apa selama beberapa jam hingga kering.
  7. Setelah di oven atau dijemur hingga kering, tumbuklah tulang-tulang ikan tersebut hingga menjadi  tepung halus.
  8. Jemur atau oven kembali tepung ikan tersebut, untuk mengurangi lagi sisa kadar airnya.
  9. Tepung bisa/siap digunakan untuk diberikan pada burung.

Cara pemberiannya pada burung


Cara memberikannya pada burung bisa dicampurkan dengan voer kering burung atau bisa juga dijadikan salah satu bahan campuran untuk membuat pakan racikan untuk burung.

Kandungan nutrisi dalam tepung tulang ikan

Sesuai data dari ISA (International Seafood of Alaska) tepung tulang ikan memiliki kandungan gizi sebagai berikut : Kadar air 3.6%, Abu 33.1 %, Protein 34.2 %, Lemak 5.6 %, Kalsium 11.9 % dan Fosfor 11.6.
Semoga bermanfaat

0 Response to "Tepung ikan untuk burung dari limbah tulang ikan"

Post a Comment

STTB