Jenis-jenis pakan untuk burung Pleci kacamata


Berbagai jenis pakan untuk burung Pleci – Si mungil pengicau beralis putih menyerupai lingkar kacamata ini tergolong burung yang unik dan menarik, hingga keunikannya mampu membius penyuka burung kicauan kecil dari pelosok negeri ini.

Pleci kacamata, demikian orang-orang biasa menyebutnya, banyak digemari karena meskipun kecil, Pleci bisa memiliki kicauan yang variatif dan menirukan suara burung lain. Selain kicauannya yang variatif, memelihara burung Pleci juga tidak serumit burung-burung kicauan lainnya. 
jenis pakan pleci, ragam pakan untuk pleci
Pleci dengan cepuk pakannya
Cepat beradaptasi, hingga sembarang pakan yang diberikan pun, Pleci tetap hepi dan tetap lincah di dalam sangkar.

Tetapi meskipun dalam kesehariannya Pleci bisa diberi jenis pakan apapun, memberikan pakan-pakan yang sesuai dan baik untuk dikonsumsi Pleci akan  lebih tepat dan lebih baik lagi jika pakan yang kita berikan pada Pleci kualitasnya mendekati makanan yang dimakan saat berada di hutan atau alam bebas.

Tapi jenis pakan apa sajakah yang baik untuk Pleci ?, berikut ini sedikit uraiannya untuk Anda tentang jenis dan vairasi pakan untuk Pleci.

Voer halus

Karena pleci tergolong burung kecil dengan paruh kecil juga, memberinya pakan kering buatan berupa voer bertekstur halus adalah sebuah pilihan yang tepat. Voer sangat baik dijadikan salah satu pakan wajib yang selalu tersedia di dalam sangkarnya. Karena selain awet dan tahan lama, voer juga banyak mengandung gizi dan nutrisi yang saat pembuatannya sudah dibuat sesuai dan terukur oleh pembuatnya.

Ada banyak jenis voer halus yang sering diberikan untuk Pleci, seperti voer standar bermerk Leopard, SKM, Voer Pleci Ronggolawe atau voer premium khusus Pleci seperti NV88, 220Volt, Aik Guan dll.

Buah-buahan

Selain voer, pakan alami yang juga hampir wajib ketersediaannya di dalam sangkar Pleci adalah buah-buahan. Pleci menyukai buah-buahan karena di dalam buah banyak mengandung air, serat dan juga mengandung karbohidrat. Jadi walaupun tidak ada voer atau pakan lainnya, buah bisa dijadikan pakan utama untuk Pleci di dalam sangkarnya.

Kelemahan buah-buahan adalah, cepat basi dan tidak bisa bertahan hingga berhari-hari seperti voer kering. Sedangkan buah-buahan yang sering diberikan pada Pleci biasanya seperti buah : pisang kepok, pepaya, jeruk, mentimun, apel, anggur dll.

Nektar 

Burung-burung bertubuh mungil seperti Pleci atau kolibri, secara umum memang menyukai nektar atau sari-sari bunga dari kelopak bunga. Nektar yang menyerupai cairan gula dan berasa manis sangat digemari oleh burung-burung bertubuh mungil untuk dihisap.

Sangat sulit bagi kita untuk mencari nektar dengan mengambilnya dari bunga-bunga, oleh karena itu nektar bisa digantikan dengan air gula atau madu murni sebagai pengganti nektar untuk burung Pleci.
Nektar buatan atau madu sebagai pengganti nektar bisa diberikan pada Pleci dalam cepuk kecil tersendiri, pemberiannya harus diganti setiap pagi dan sore hari lebih baik dibuang, karena nektar buatan selain cepat basi, nektar juga mudah menjamur jika dibiarkan dalam udara terbuka terlalu lama.

Ekstra fooding

Selain buah-buahan, voer atau nektar buatan. Pakan lain yang bisa juga diberikan untuk Pleci adalah berupa pakan tambahan dari hewani. Pakan tambahan tersebut bisa berupa kroto putih yang bersih, ulat hongkong putih atau ulat kandang/balap.

Pakan-pakan tambahan tersebut biasanya diberikan pada pagi atau sore saja sebagai pakan tambahan, pemberiannya tidak selalu setiap hari tersedia dalam sangkarnya. Namun hanya diberikan pada pagi hari saja setelah dimandikan atau sore hari saja menjelang burung akan diistirahatkan.

Demikian ulasan tentang berbagai jenis pakan terbaik yang bisa Anda berikan pada burung Pleci kacamata. Sedangkan supaya burung rajin bunyi, perawatan berupa pengembunan, pakan, mandi dan jemur juga ikut menentukan kualitas burung. Semoga bermanfaat

0 Response to "Jenis-jenis pakan untuk burung Pleci kacamata"

Post a Comment

STTB