Tips menangani kacer macet bunyi

Tips burung - Burung kacer merupakan burung jenis petarung sejati, hal tersebut yang menjadikan daya tarik tersendiri bagi kicau mania memelihara kacer untuk dijadikan burung petarung dalam perlombaan.

Melihat gaya petarung kacer ketika di atas gantangan memang menyenangkan dengan disertai suara kicauanya yang nyaring dan keras.

kacer macet bunyi
Kacer hitam
Namun memang bukannya tanpa kendala ketika kita memelihara burung-burung sejenis petarung seperti kacer, kadang kala burung tiba-tiba menjadi macet bunyi dan terlihat stress atau murung. 

Biasanya jika mengalami burung kacer menjadi macet bunyi tentu kita harus menelisik sebab dan faktor yang menjadikan kacer menjadi tiba-tiba menjadi macet baru kemudian mencari solusinya. Berikut ini tips menangani kacer macet bunyi dan juga hal yang menjadi penyebab kacer jadi macet bunyi.

Hal yang bisa menjadikan burung kacer menjadi macet bunyi.


  • Pola perawatan burung yang berubah, memelihara burung kicau jenis petarung memang membutuhkan perhatian khusus dan juga konsistensi dalam perawatan hariannya. Bisa jadi burung yang semula gacor dor menjadi tiba-tiba macet dikarenakan perubahan rawatan yang mendadak.
  • Burung dalam kondisi stress atau sakit, biasanya jika kacer tiba-tiba macet bunyi disebabkan karena sakit dan stress maka burung akan memperlihatkan perilaku negatif seperti nafsu makan menurun, burung cenderung lebih banyak diam dan juga bulu-bulu tampak kusam dan menggelembung.
  • Burung terganggu faktor lain dari lingkungan, hal tersebut bisa saja terjadi semisal gangguan dari lingkungannya seperti takut pada hewan liar semacam tikus, kucing, ular dan lainnya. Atau bisa juga sangkar sehabis jatuh karena menggantung sangkar yang salah, hal-hal tersebut bisa menjadikan burung menjadi stress dan macet bunyi. Biasanya jika burung macet bunyi karena faktor tersebut, burung akan gelisah dan cenderung gerabagan takut.
  • Macet karena kalah mental, membawa burung kacer dalam arena lomba memang harus benar-benar mengerti kesiapan dan performa burung. Biasanya jika kita memaksakan burung dibawa ke perlombaan justru akan menjadikan burung menjadi kalah mental dan menjadi drop kemudian macet bunyi. Hal tersebut sering terjadi pada burung-burung muda dengan mental yang belum terbentuk.
  • Kebersihan pakan dan sangkar, kebersihan pakan dan sangkar yang buruk akan bisa menjadi penyebab burung terganggu kesehatannya. Gangguan kesehatan yang bisa terjadi akibat sangkar dan pakan yang kotor yaitu seperti burung menjadi terganggu tenggorokannya dan menjadi serak. Memang awalnya hanya serak ringan, hal tersebut jika dibiarkan lambat laun akan menjadi penyebab burung menjadi macet bunyi.

Bagaimana menangani kacer macet bunyi ?


  1. Untuk merawat dan menangani kacer yang macet bunyi memang banyak cara dan tips yang tentunya disesuaikan dengan karakter burung, berikut ini salah satu tips merawat kacer yang macet bunyi akibat salah perawatan, gangguan dari lingkungan dan kalah mental :
  2. Kondisikan burung dalam tempat yang lebih tenang dan juga berudara sejuk/nyaman.
  3. Rutin embunkan burung di tempat yang tenang dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  4. Beri kroto secara rutin minimal 1 minggu sekali dan juga jangkrik pagi dan sore sebanyak 4-5 ekor setiap harinya.
  5. Pancing burung untuk berbunyi dengan audio kicauan yang bisa memancing burung menjadi bunyi.
  6. Jika burung sudah terlihat mulai membaik, kita bisa mulai menguji mentalnya kembali dengan menyediakan burung lain yang bermental dibawahnya untuk digunakan sebagai untulan agar burung terangsang dan terpancing sifat petarungnya kembali.
  7. Sembari melakukan perawatan di atas, Sobat KM juga bisa sambil memberinya multi vitamin burung untuk diberikan sebagai penambah kesehatan burung.
  8. Ketika performa burung sudah terlihat mulai pulih dan kembali seperti sebelumnya, perawatan bisa dikembalikan seperti semula namun dilakukan secara bertahap dan perlahan.

Demikian tips dan cara menangani burung kacer yang macet bunyi, sedangkan jika burung macet bunyi karena kesehatan pernafasan dan tenggorokan yang terganggu, maka Sobat bisa konsultasikan dengan penjual obat burung, obat apa yang paling tepat untuk mengobati burung yang sakit pernafasan dan tenggorokannya. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips menangani kacer macet bunyi"

Post a Comment

STTB