Ciri Murai batu Borneo


Tips burungMurai batu merupakan burung kicauan yang penyebarannya cukup luas dari India, China, Malaysia dan Indonesia sendiri. Di kalangan penghobi burung kicau, Murai sering dibedakan berdasarkan daerah asalnya.
Seperti Murai Borneo atau Murai Kalimantan, burung Murai jenis ini merupakan salah satu jenis Murai yang ada di tanah air selain Murai Lampung, Murai Medan dan Murai Jawa atau biasa disebut Larwo.

murai batu
Murai borneo
Murai Borneo sendiri juga masih dibedakan menjadi beberapa jenis menurut daerah asalnya juga, semisal Murai borneo Palangkaraya, Murai banjar dan Murai Mahkota. Menurut pemain-pemain burung Murai, jenis Murai Borneo akan mudah dikenali dari gayanya saat bertarung atau bertemu Murai lain yaitu dengan gayanya membusungkan bulu dadanya dan menengadahkan kepala keatas sambil sesekali menurunkan kepalanya sambil membungkuk.

Tips memilih Murai Borneo.


  • Pilih burung dengan warna bulu dada coklat muda atau bisa juga yang lebih terang, jika kebetulan ada pilihlah warna bulu dada yang keputihan tidak blorok. Murai dengan bulu dada yang keputihan biasanya lebih bersifat petarung.
  • Warna kaki, pilihlah warna kaki burung yang berwarna coklat kemerahan, hitam atau coklat kehitaman dan jangan pilih burung bakalan dengan warna kaki putih agak kuning karena menurut beberapa sumber hasilnya kurang terlalu bagus.
  • Bagian kepala burung, pilihlah burung Murai dengan kepala rata di atasnya, atau isitilahnya papak.
  • Ekor, pilih burung dengan ekor yang tidak terlalu panjang sekitar 10 s/d 14 cm.
  • Mata, pilihlah mata burung yan tajam , melotot dan bersih tentunya.
  • Leher, pilih burung dengan leher besar karena biasanya burung dengan leher besar bersuara lebih keras dan tembakan tembus.
  • Perhatikan bagian paruhnya ketika berkicau, pilih burung dengan bukaan paruh penuh dan lebar. Burung dengan bukaan paruh lebar dan penuh dipercaya bisa mengeluarkan suara yang keras dan mantap.

Demikian, sekilas tentang ciri Murai Borneo dan cara memilihnya, prinsipnya dalam memilih burung semua hampir sama dan tidak jauh berbeda dalam melihat ciri fisiknya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Ciri Murai batu Borneo"

Post a Comment

STTB