Melihat ciri murai medan


Tips burung - Burung Murai batu seperti kita ketahui banyak jenisnya berdasarkan asal burung, seperti Murai borneo, Murai Medan, Murai lampung maupun Murai batu bordan.
Melihat ciri fisik burung Murai batu bisa dijadikan acuan untuk kita membedakan antara Murai Medan asli dengan Murai Borneo atau Murai Lampung.

Burung Murai batu
Tapi bagaimana cara melihat dan membedakan ciri Burung Murai Batu dari Medan yang asli ?

  • Murai medan memiliki badan yang besar akan tetapi terlihat proporsional karena berbadan besar namun body panjang sehingga terlihat proporsional.
  • Perhatikan pada bagian tengah atas kepalanya, akan terlihat warna biru tua mengkilap jika terkena sinar matahari/cahaya.
  • Jika masih muda, warna kakinya berwarna merah kehitaman, sedangkan Murai medan yang sudah dewasa warna kakinya akan terlihat bersisik dan membentuk belimbing “seperti buah belimbing”.
  • Terdapat bercak berwarna putih bulatan-bulatan besar maupun kecil pada pangkal ekor hingga paha kaki.
  • Murai medan terkenal memiliki ciri mudah menirukan suara-suara burung lain, namun hal yang lebih menarik dari murai medan yaitu suara kicaunya yang cenderung lebih keras dan terkesan ngebas.
  • Selain memiliki suara dengan karakter keras dan ngebas, Murai medan juga memiliki ciri lain yaitu memiliki kemampuan memainkan ekor putihnya ketika sedang terpancing emosinya dan melihat musuh murai lainnya. Ketika dalam kondisi emosi dan marah, biasanya Murai medan akan memainkan ekor putihnya diselingi dengan suara kerete...keretek atau kecrek..kecrek disertai juga dengan mengembangkan bulu pada dadanya.

Demikian Sobat Kicau mania sedikit ulasan mengenai ciri burung Murai batu Medan, artikel ini disadur dari berbagai sumber yang terpercaya dan ditulis ulang di blog ini. Salam kicau, semoga bermanfaat.


0 Response to "Melihat ciri murai medan"

Post a Comment

STTB