Memilih Murai batu yang baik dan berkarakter


Tips burung - Burung murai batu merupakan jenis burung kicauan favorit kicau mania di Indonesia, banyak jenis burung Murai yang dijual dan dipasarkan oleh penghobi maupun penjual burung di kios-kios maupun pasar burung.

Jenis murai yang banyak dijual di pasaran antara lain berupa Murai Medan dan Murai Borneo, biasanya Murai dijual dalam kondisi bakalan atau bisa juga trotolan. 
murai batu
Murai batu

Jika Anda sedang ada rencana ingin membeli burung Murai bakalan, dan belum mengetahui jenis dan ciri Murai yang baik dan berkarakter kuat, alangkah baiknya menyimak terlebih dahulu ulasan artikel di bawah ini.

Ciri yang bisa Anda perhatikan dalam memilih burung Murai yang baik dan bagus.

Perhatikan bagian mata burung 

Pastikan burung Murai bakalan pada bagian matanya bersih dan menatap tajam “melotot”,  selain matanya tajam, mata Murai bakalan juga terlihat jernih tanpa adanya bintik putih atau berair.
Jika bagian matanya terlihat ada bintik putihnya menandakan burung sudah terkena gejala katarak dan bisa menyebar, sedangkan jika matanya berair berarti menandakan burung kekurangan gizi.

Bagian kaki Murai

Kicau mania penyuka burung Murai kebanyakan lebih menyukai burung dengan warna kaki hitam karena menurut kepercayaan Kicau mania jika burung berkaki hitam menandakan burung memiliki mental yang baik.

Bagian ekor Murai

Pilih burung dengan ekor yang panjang dan rapat namun tidak terlalu tebal, ekor burung Murai memang identik dan menjadi ciri khas ketika burung berkicau dan memainkan ekornya. Jangan memilih burung dengan ekor yang bercabang karena menandakan burung dalam kondisi kesehatan yang kurang baik.

Warna bagian bulu dada

Jika kebetulan ada, pilih lah burung Murai dengan warna bulu bagian dada berwarna cenderung kekuningan. Burung dengan warna dada kekuningan dipercaya lebih mudah berbunyi dan cepat jadi, dibandingkan dengan Murai dengan warna bulu kecoklatan.

Usia atau umur burung

Memastikan dan mengukur usia/umur burung tidak bisa hanya melihat sisik pada kaki, untuk lebih tepatnya jika kita memperhatikan bagian rongga mulutnya. Jika bagian rongga mulutnya berwarna putih dan cerah maka menandakan burung masih berusia muda, sedangkan jika bagian rongga berwarna hitam maka burung sudah berusia dewasa.

Perilaku burung

Burung dengan mental baik dan berani, jika sedang kita pegang dengan tangan maka burung akan meronta kuat dan mematuk tangan kita yang memegangnya.

Demikian ciri dan cara memilih burung Murai bakalan yang bisa Sobat jadikan referensi dan acuan sebelum akan membeli burung Murai bakalan nantinya. Semoga berguna dan bermanfaat. Salam kicau.

0 Response to "Memilih Murai batu yang baik dan berkarakter"

Post a Comment

STTB