Burung bangau


Tips burung - Burung bangau atau orang jawa menyebutnya manuk kuntul merupakan jenis burung air, karena burung bangau menyukai daerah-daerah persawahan,rawa-rawa dan parit yang berair ketika mencari makanan kesehariannya.
Burung kuntul merupakan burung dari famili Ardeidae. Burung bangau memiliki ciri kaki dan leher yang panjang, namun yang unik pada bangau ketika terbang lehernya justru membentuk huruf S.

burung kuntul
Burung kuntul di daerah perairan mencari makan

Sedangkan burung bangau dari famili Ciconiidae dan Threskiornithidae berbeda dengan burung Kuntul, kedua bangau tersebut ketika terbang justru akan meluruskan lehernya serta merentangkan kakinya.
burung bangau
Burung bangau berburu makanan
Burung kuntul juga merupakan jenis burung air seperti burung kareo padi, menyukai makanan seperti ikan-ikan kecil, katak kecil serta hewan-hewan invertebrata. Sedangkan burung kuntul kerbau atau yang bernama latin bubulcus ibis lebih menyukai serangga dengan ukuran lebih besar dan tidak terlalu tergantung dengan area berair.

Menurut seorang ilmuwan dari Kanada bernama Dr. Louis Lefebvre, burung kuntul merupakan salah satu burung dengan tingkat kecerdasan yang tinggi dibandingkan dengan burung-burung lainnya.
Menurut sumber artikel di wikipedia, sampai saat ini klasifikasi pasti untuk burung Kuntul masih terus menjadi perdebatan dan belum selesai untuk pengelompokannya berdasarkan spesies burung bangau atau Kuntul.

Sumber foto dan artikel : wikipedia.org

0 Response to "Burung bangau"

Post a Comment

STTB