Cara merawat burung Pleci untuk lomba


Tips burung - Cara dan tips perawatan burung Pleci ini dikhususkan untuk Pleci yang sudah siap dibawa lomba dan bukan untuk burung Pleci masih bakalan atau burung baru beli dari ombyokan.
Jadi rawatan pleci ini bisa Sobat pleci mania lakukan jika burung Pleci Sobat merupakan burung mapan dan siap tempur di perlombaan.

pleci buka paruh
Pleci siap lomba
Tips merawat burung Pleci untuk lomba ini admin dapatkan dari teman-teman Pleci mania di kota Cilacap yang tergabung dalam komunitas Pleci mania Nusakambangan Cilacap. Berikut ini tips cara merawat burung Pleci untuk lomba.

Perawatan menjelang lomba untuk Pleci.


  1. Mandikan malam jika  esoknya akan dibawa ke perlombaan burung, mandi malam bisa dilakukan antara pukul 19:00 s/d 21:00 dengan cara disemprot dengan sprayer halus hingga bulu Pleci terlihat basah.
  2. Selesai mandi dan penyemprotan, burung bisa dianginkan selama 1 jam kurang lebihnya sambil diberi pakan 1-2 sdt kroto dan 3 ekor Ulat hongkong, jika burung terlihat mandi lagi di dalam cepuk air maka biarkan saja dan hal tersebut merupakan hal wajar.
  3. Jika burung sudah terlihat kering dalam waktu 1 jam dianginkan, maka sangkar bisa dikerodong kembali hingga pagi harinya.
  4. Pagi hari burung bisa disemprot kembali untuk dimandikan kemudian dilanjut dengan pemeberian pakan seperti saat mandi malam yaitu kroto dan ulat hongkong.
  5. Ketika burung sudah berada di arena lomba namun belum naik gantangan, kerodong bisa dibuka selama 15-30 dan biarkan burung berbunyi ngalas ngeroll sesukanya, kemudian kerodong kembali sangkarnya. Jika burung akan dikolonikan dengan Pleci lain untuk pengecasan, hal tersebut bisa dilakukan selama 15 s/d 30 menit saja menjelang lomba.
  6. 3-5 menit menjelang naik gantangan, bersihkan dasar sangkar dari sisa kotoran pakan dan lepas semua cepuk pakan dan air minumnya.
  7. Jika Sobat Pleman mengikuti 2 sesi lomba Pleci, 1 jam sebelum burung naik lomba, burung bisa disemprot kembali 1 jam sebelum sesi selanjutnya.

Perawatan harian burung Pleci lomba.


  1. Penjemuran pagi hari wajib dilakukan rutin, selain itu memandikan burung setiap pagi, sore dan malam hari juga wajib dan jangan lupa pakan EF kroto dan ulat hongkong setelah selesai mandi burung.
  2. Selain mandi dan penjemuran, pakan dan asupan gizi juga jangan sampai terlewatkan. Sediakan selalu dalam sangkar Voer berkualitas, air minum, variasi buah-buahan setiap harinya dan EF kroto dan Uh juga harus rutin dan jangan terlewatkan. 
Salam Pleci mania, semoga bermanfaat.


0 Response to "Cara merawat burung Pleci untuk lomba"

Post a Comment

STTB