Tips ringan merawat Cucak Hijau macet bunyi

Banyak kicau mania yang mendapati burung ijoannya macet bunyi kemudian galau dan menjualnya dengan harga yang murah dan asal jual saja.
Biasanya kicau mania yang buru-buru menjual ijoannya dengan harga murah karena macet bunyi biasanya khawatir kalau-kalau burung Cucak Ijonya sedang terkena penyakit dan tidak bisa sembuh.
cucak ijo macet, ijoan macet bunyi
Ijoan diam, macet bunyi
Jangan terburu-buru menjual burung Cucak Hijau jika sedang macet bunyi, biasanya burung macet bunyi bisa jadi kurang sehat dan kurang fit kondisinya, untuk itu Sobat CI mania perlu mengatasinya dengan perawatan di bawah ini supaya Cucak Ijo bisa kembali bunyi.
  1. Rajin mandikan burung sehari 2 kali, pagi dan sore hari.
  2. Penjemuran bisa dilakukan selama 2 s/d 3 jam dalam sehari, mulai pagi hari.
  3. Beri pakan jangkrik sebanyak 5 ekor pada pagi dan sore hari, buang kepala dan juga kaki-kaki jangkrik yang akan diberikan.
  4. Beri pakan kroto sebanyak 1 cepuk 3 x dalam seminggu.
  5. Pakan tambahan lain yang bisa diberikan yaitu bisa juga memberikan ulat bumbung 1 atau 2 ekor saja dalam sehari.
  6. Untuk lebih bisa memancing burung supaya berbunyi kembali, Anda bisa menggantang sangkar burung di dekat suara gemricik air semisal kolam ikan atau dekat kran air kamar mandi atau dapur rumah, dengan terapi air biasanya cukup efektif memancing burung kembali bersuara.
Perawatan burung di atas tidak mutlak dan menjamin burung yang macet pasti berbunyi, namun setidaknya bisa menjadi gambaran dan referensi Sobat CI mania dalam merawat dan memperlakukan burung Cucak Hijau yang macet bunyi sehingga tidak salah rawat dan penanganan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips ringan merawat Cucak Hijau macet bunyi"

Post a Comment

STTB