Merawat burung ciblek over birahi

Kondisi birahi pada burung di dalam sangkar rumah merupakan hal yang umum dan lumrah bisa terjadi pada semua burung, tidak terkecuali juga pada burung Ciblek.
Birahi pada burung bisa terjadi juga akibat pakan yang terlalu tinggi kadar proteinnya atau bisa juga terjadi akibat mendengar suara dari burung yang sejenisnya.
burung ciblek
Burung ciblek
Birahi pada burung Ciblek biasanya sengaja dikondisikan supaya burung bisa tampil maksimal dalam perlombaan, misal dengan mengatur pola pakan dan juga menyediakan burung Betina untuk memancing Burung Ciblek jantan birahi. Namun demikian jika burung dalam kondisi yang sudah Over Birahi tentunya kondisinya akan kurang baik dan justru berakibat burung jadi tidak bersuara dan menjadi kurang tenang atau over tingkah lakunya. Hal tersebut jika sampai terjadi ketika burung dalam perlombaan akan mengurangi penilaian juri dan akan merugikan.

Alangkah baiknya jika kita sebelum mengetahui cara merawat burung Ciblek over birahi, mungkin akan lebih baik jika kita ketahui terlebih dahulu ciri Ciblek yang sedang over birahi.
  • Burung ciblek dalam kondisi over birahi biasanya akan lebih sering bersuara nada panggilan, apalagi jika mendengar suara dari burung ciblek lain dengan lawan sejenisnya.
  • Burung Ciblek over birahi juga bisa ditandai dengan seringnya burung menggigit pakan.
  • Ciri ciblek over birahi yang cukup sering membikin Ciblek mania panik yaitu burung mencabuti bulu-bulunya, hal tersebut jika terjadi maka perlu segera mendapat perlakuan yang khusus dan harus segera ditangani.
Ciblek dalam kondisi over birahi jika dibiarkan kondisinya akan sangat berubah, burung yang semula rajin berkicau menjadi macet bunyi dan ketika melihat burung sejenisnya biasanya akan mengejar-ngejarnya.

Kondisi tersebut jika terus dibiarkan akan mengakibatkan burung menjadi drop dan burung menjadi lemas tidak bergairah.

Kondisi over birahi pada Ciblek bisa terjadi kapan saja, bahkan ketika baru saja diturunkan birahinya, hal tersebut bisa terulang kembali. Untuk itu jika Anda memiliki Ciblek dalam kondisi over birahi, berikut tips dan cara menanganinya.
  1. Kurangi atau stop pakan dengan kandungan protein tinggi seperti Jangkrik, Kroto atau UH.
  2. Mandikan burung 2 x sehari yaitu pada pagi dan sore hari, untuk menurunkan birahi burung.
  3. Berikan pakan mentimun untuk bisa menurunkan birahi burung, mentimun bisa diperas kemudian dicampur dalam air minumnya atau bisa juga digantungkan dalam sangkarnya.
  4. Alternatif lain yang bisa Sobat lakukan jika cara di atas belum mampu menurunkan over birahi Ciblek bisa dilakukan dengan memasukkan Ciblek betina ke dalam sangkar Ciblek yang masih over birahi.
Silahkan Sobat coba terapkan trik di atas jika mengalami burung Ciblek gacoan Sobat dalam kondisi over birahi berkepanjangan apalagi sudah sampai pada mencabuti bulu-bulunya.

0 Response to "Merawat burung ciblek over birahi"

Post a Comment

STTB