Sekilas tentang burung Cucak hijau

Burung cucak hijau termasuk burung jenis Cucak-cucakan pemakan pisang, burung ini sudah cukup banyak peminatnya semenjak tahun 90-an bersama dengan burung impor lainnya seperti Poksay, Whambie dan burung impor lainnya.
Meski warna bulunya hanya hijau dan hitam, namun Cucak hijau memiliki daya tarik lainnya yaitu termasuk burung yang cerdas, mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan yang paling utama mudah menirukan aneka suara burung lainnya.
cucak hijau besar
Burung Cucak hijau
Karena mudah beradaptasi dan juga mudah menirukan suara-suara burung lainnya, menjadikan Cucak hijau banyak diisi dengan masteran suara burung lainnya seperti Cucak jenggot, Ciblek, Cililin dan lain sebagainya.
Untuk membedakan jenis kelamin burung Cucak Hijau juga cukup mudah jika sudah dewasa, burung jantan memiliki topeng warna hitam di wajah hingga lehernya sedangkan yang betina berwarna hijau polos. Untuk kicauan Cucak Hijau jantan dan betina, keduanya sama-sama bisa berkicau dan memiliki kemampuan yang hampir sama. Oleh karena itu, banyak pedagang burung nakal yang sengaja memalsukan CI betina menjadi jantan dengan cara memberi warna pada wajahnya sehingga menyerupai burung Jantan.

Kelemahan burung Cucak hijau.

Namun demikian dibalik keistimewaan burung Cucak hijau, ada sedikit kelemahan yang perlu Sobat ketahui jika memelihara burung Cucak hijau. Burung ini selain cerdas namun memiliki sifat pelupa juga, biasanya Cucak hijau mudah menerima suara baru dari burung lain namun juga sangat mudah melupakannya.
ijoan mini
Cucak hijau mini
Kelemahan burung Cucak hijau lainnya yaitu burung memiliki sifat yang mudah kaget atau shock, ketika Sobat kicau mania memiliki Cucak hijau maka jangan sekali-kali memindahkan sangkar atau mengangetkan burung ketika burung sedang tertidur pulas. Selain jangan memindahkan burung ketika tidur, hal yang perlu dihindari lainnya yaitu jangan sampai menjatuhkan sangkar burung. Biasanya jika Cucak hijau kaget atau shock burung akan macet bunyi dan hal tersebut bisa berlangsung selama berhari-hari.

Perbedaan Jantan dan betina CI trotol.

  1. Cucak hijau jantan trotol dalam usia 4 bulanan biasanya pada alis matanya akan melingkar warna kuning, jika alis matanya putih justru betina.
  2. Pada bagian paruhnya, jika jantan warna paruh bawah berwarna coklat sedang betina berwarna putih.
  3. Pada bagian leher, Cucak hijau jantan warna kuningnya akan terdapat totol-totol hitam yang lama kelamaan akan berubah menjadi hitam semua. Sedangkan CI trotol betina warna kuningnya akan berubah menjadi putih dan lama kelamaan akan berwarna hijau.
Burung Cucak hijau sendiri di Indonesia terdapat 3 jenis yaitu Cucak hijau besar, Cucak hijau mini dan Cucak rante. Ketiganya memiliki ukuran tubuh yang berbeda, namun paling besar yaitu Cucak hijau besar sedang yang paling kecil yaitu Cucak hijau mini. 
cucak rante, burung mranti
Cucak rante atau ada yang menyebut Mranti
Untuk Cucak hijau mini warna bentuknya hampir sama dengan Cucak hijau besar namun ukuran tubuhnya kecil.

Pakan cucak hijau.

Cucak hijau di alam bebas memiliki kegemaran memakan serangga-seranggaan seperti ulat, kroto, jangkrik dan seranggan kecil lainnya. Selain serangga, pakan berupa buah juga bisa kita berikan pada Cucak hijau seperti pisang atau apel.

0 Response to "Sekilas tentang burung Cucak hijau"

Post a Comment

STTB