Cucak hijau bagus tanpa atau dengan voer

Burung cucak hijau banyak dipelihara oleh penghobi burung lomba dan juga oleh penyuka burung Cucak Hijau rumahan saja. Burung Cucak Ijo banyak digemari oleh kicau mania karena keunikan dan kepandaian burung dalam menirukan berbagai suara kicau burung lainnya.
Dalam kesehariannya beberapa penggemar Cucak Ijo ada yang memberikan pakan berupa Voer kering dan buah, namun bagi penggemar Ijoan lomba biasanya jarang sekali memberikan voer pada Ijoan gacoannya. Beda hal pemberian pakan pada CI rumahan biasanya akan diberikan Voer saja atau Voer dengan buah-buahan.
Cucak hijau rumahan, sudah jinak.
Namun apa beda dan resikonya jika burung diberi Voer atau buah-buahan dalam kesehariannya. ?
Burung yang dipelihara di dalam sangkar tentunya pemenuhan gizinya berbeda dengan burung yang hidup di alam liar, karena burung di dalam sangkar pakannya tidak bisa bebas mencari dan memilih sendiri seperti ketika berada di alam bebas.

Manfaat Voer pada burung ?

Voer dibuat oleh manusia dengan komposisi yang sudah terukur dan dibuat untuk memenuhi aneka kebutuhan hewan yang akan memakannya, voer dibuat sebagai penambah asupan vitamin, gizi, energi dan karbohidrat pada burung. Dengan voer, pencinta burung akan lebih mudah menyediakan pakan kering yang awet dan tidak cepat basi dibandingkan dengan pakan alami yang hanya bisa diberikan paling lama 1 hari saja.
voer burung
Aneka jenis Voer burung

Pilih voer atau buah-buahan ?

Biasanya voer banyak digunakan dan diberikan pada burung jika pemiliknya tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk mengurus dan merawat burung klangenannya, sehingga tidak bisa terus menerus memperhatikan burung peliharaannya.

Lain halnya dengan kicau mania yang memelihara Cucak Ijo sebagai jagoan lomba, perawatan burung gacoannya biasanya sengaja tidak memberikan Voer kering sebagai pakan Cucak Ijo jagoannya.

CI mania penghobi lomba burung Cucak Hijau biasanya hanya memberikan pakan harian berupa serangga dan buah-buahan saja, pemberian pakan alami seperti serangga dan buah saja dipercaya bisa mempertajam suara dan kicau burung tersebut.
pisang kepok
Pisang kepok putih kesukaan ijoan
Jika kebetulan kita memiliki waktu luang atau perawat khusus merawat burung, pemberian pakan alami yang selalu terkontrol setiap saat tentu bukan menjadi masalah besar, namun bagaimana jika kita termasuk orang pekerja yang berangkat pagi-pagi benar dan pulang larut malam, itupun sudah dalam kondisi lelah. Tentu pemberian pakan alami justru akan membebani kita dan jika terlambat diberikan atau pakan sudah basi justru berakibat fatal pada burung.

Jadi jika Anda merupakan penyuka Cucak Hijau hanya sebagai hiburan di rumah dan juga seorang yang kurang memiliki waktu luang untuk memperhatikan dan merawat burung, maka pemberian Voer sebagai pakan pokok untuk cucak Hijau bisa Anda pilih.

Namun jika Anda penyuka Ijoan untuk dijadikan gacoan lomba dan Anda juga memiliki cukup waktu luang, maka pemberian pakan alami saja seperti ulat, jangkrik dan buah-buahan bisa menjadi pilihan untuk Anda. 

Namun Anda harus tetap memperhatikan kebutuhan nilai Gizi, Vitamin dan juga Karbohidrat untuk burung yang bisa Anda dapatkan dari pakan kering berupa Voer burung. Jadi pilih yang mana, silahkan dipilih menurut situasi dan kondisi Anda tentunya.

0 Response to "Cucak hijau bagus tanpa atau dengan voer"

Post a Comment

STTB