Cara mencegah dan mengobati kutu burung

Kutu pada bulu burung kicauan bisa saja menjangkit dan menular, biasanya burung yang terkena kutu bulu akan terlihat lesu, bulu terlihat kusam, malas berkicau dan sering mencabuti bulu-bulunya sendiri.
Kutu burung bisa dicegah dan diobati jika burung kesayangan Sobat kicau mania terkena kutu, untuk mencegahnya bisa dengan cara alami atau bisa juga dengan menggunakan shampo biasa yang biasa kita gunakan.
manfaat daun sirih untuk burung
Daun sirih
Tips ini Admin dapatkan dari forum-forum burung dan juga dan teman-teman kicau mania, berikut ini cara mengobati dan mencegah burung terkena kutu.

Namun dari sekian 2 tips mengobati kutu pada burung, lebih baik dan aman kita bisa menggunakan cara pengobatan alami. Saat mengobati pun kita juga perlu pastikan bahwa burung dalam kondisi sehat dan tidak sakit, karena jika sedang sakit bisa mengakibatkan burung justru bisa semakin drop dan jika salah bisa menjadi mati.

Menggunakan daun sirih

Gunakan 8-10 lembar daun sirih kemudian direbus dengan air sebanyak 1 liter, rebus daun sirih hingga air berubah warna menjadi kehijauan. Kemudian dinginkan air dan gunakan air rebusan untuk menyemprot burung hingga basah kuyup, jika dirasa kurang basah maka cara memandikannya bisa dengan memegang burung kemudian dicelupkan bulu-bulunya pada air rebusan daun sirih.

Biarkan burung mengkeringkan bulunya setelah mandi dengan air rebusan daun sirih, tidak perlu dibilas dengan air biasa.

Air bekas cucian beras

Prinsip penggunaan air cucian beras sama dengan air daun sirih, air cucian beras bersifat mampu merontokkan kutu-kutu yang menempel pada bulu-bulu burung. Air cucian beras akan lebih baik jika penggunaannya dikombinasikan dengan air rebusan daun sirih, karena air rebusan daun sirih bersifat merontokkan dan mengusir kutunya.

Selain mengobati kutu dengan memandikan burung menggunakan air rebusan daun sirih atau dengan air cucian beras. Mencegah supaya burung tidak sampai terkena kutu juga akan lebih baik, caranya dengan memandikan rutin burung. 

Saat memandikan burung, air mandi burung juga akan lebih baik jika diberi shampo burung yang banyak dijual di kios-kios burung.

Menjaga kebersihan kerodong sangkar burung juga mampu menggurangi kemungkinan burung tertular penyakit. Jangan sepelekan kerodong sangkar yang kotor dan terus-menerus dipakai tapi tidak pernah dicuci,

0 Response to "Cara mencegah dan mengobati kutu burung"

Post a Comment

STTB