Biar pleci mau makan voer

Memiliki burung Pleci yang sudah mau memakan voer tentu membuat kita nyaman dan tenang, karena dengan voer kita bisa lebih tenang untuk memastikan burung tidak terlupakan ketersediaan pakannya di dalam sangkar.
Pakan Voer memang lebih bisa diandalkan tersedia di dalam sangkar dibandingkan dengan pakan buah atau serangga, yang tidak bisa diandalkan hingga berhari-hari di dalam sangkar. Dengan pakan voer, selain kebutuhan nutrisi dan gizi terjamin, voer juga bisa bertahan hingga 3-4 hari di dalam cepuk pakan asal tidak terkena air. Namun kendalanya yaitu, tidak semua burung Pleci bakalan sudah langsung mau memakan voer.
pleci
Pleci dalam sangkar
Membeli burung Pleci dari ombyokan tangkapan hutan kadangkala ada yang sudah mau makan voer namun kadang ada juga yang belum mau voer. Biasanya ketika Pleci sudah dibawa pulang dan di dalam sangkar kemudian kita beri pakan voer dan buah, maka jika voer terlihat utuh menandakan burung belum mau memakan voer.

Melatih makan voer menggunakan kroto.

Basahi sedikit kroto dengan air, kemudian aduk dengan voer halus supaya voer menempel pada kroto. Letakkan voer yang sudah dicampuri kroto di dalam cepuk kemudian beri taburan kroto biasa di atas voer yang sudah tercampuri kroto.

Lakukan cara tersebut selama beberapa hari sambil perhatikan feses kotoran Pleci, jika sudah berwarna coklat seperti warna voer menandakan burung sudah mau memakan voer.

Melatih ngevoer dengan UH.

Menggunakan Ulat Hongkong juga bisa menjadi alternatif melatih Pleci agar mau makan voer. Ulat Hongkong yang akan diberikan pada Pleci dicampurkan di dalam cepuk voer namun voer sedikit saja supaya ulat tetap terlihat oleh burung. 

Lakukan trik tersebut selama beberapa hari hingga kotoran feses Pleci berwarna seperti warna voer yang kita berikan.

Menggunakan buah.

Jika burung tidak mau makan kroto atau UH, cara menggunakan buah juga bisa dicoba untuk melatih Pleci makan voer. Caranya dengan menaburkan  voer halus di permukaan buah yang akan kita berikan pada burung, cara ini paling banyak diterapkan karena paling mudah. Biasanya penjual-penjual burung menggunakan cara ini untuk membiasakan Burung Pleci mau makan voer.

Demikian trik supaya burung Pleci bakalan dari ombyokan mau memakan voer, semoga bermanfaat dan Sobat Pleci mania terapkan juga sukses pada momongannya.

0 Response to "Biar pleci mau makan voer"

Post a Comment

STTB