Kaki burung bersisik, benarkah menandakan umur

Kicau mania sering kali melihat usia seekor burung kicauan dengan melihat sisik-sisik pada bagian kaki burung.
Namun ada pendapat lain bahwa burung kicau dengan kaki bersisik tidak bisa dijadikan jaminan bahwa burung tersebut sudah berumur tua, meskipun hal tersebut bisa juga benar namun bisa juga salah. Kenapa ?
kaki burung
Sisik pada kaki burung
Kaki burung bersisik tidak bisa dijadikan patokan bahwa burung sudah tua, burung dengan kaki bersisik bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor lain yang juga bisa menyebabkan kakinya bersisik. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menyebabkan kaki burung menjadi bersisik.
  • Ukuran sangkar, dengan ukuran sangkar yang kecil bisa mengakibatkan gerakan burung menjadi kurang lincah dan bebas.
  • Burung sering meloncat dan bertengger di bagian sisi-sisi sangkar semisal jeruji sangkar.
  • Bagian kaki burung jarang sekali terkena air.
  • Burung kurang asupan pakan yang mengandung lemak, sehingga kaki burung menjadi cepat bersisik.
  • Kondisi sangkar burung yang kotor, bau dan sangat jarang dibersihkan sehingga menyebabkan banyaknya parasit yang bersarang di dasar sangkar sehingga berpotensi menyerang kaki burung yang di dalam sangkar.
Sisik-sisik pada kaki burung memang tidak bisa dihindarkan dan pastinya akan tumbuh, namun akan lebih baik jika sisik pada kaki burung diperlambat pertumbuhannya dengan cara meminimalisir penyebab tumbuhnya sisik pada kaki burung.

Memang sisik pada kaki burung tidak terlalu mengganggu, namun burung dengan tonjolan sisik-sisik yang tebal pada kakinya tentu akan mengurangi penampilan burung dan juga menjadikan gerakan burung menjadi kurang lincah dan agak mengganggu.

0 Response to "Kaki burung bersisik, benarkah menandakan umur"

Post a Comment

STTB