Cara membersihkan kaki burung kenari dari jamur

Jamur-jamur atau bubul sering sekali menyerang kaki burung kenari, biasanya burung jika terkena bubul atau jamur akan pincang, mengangkat kakinya 1 atau jadi lebih banyak diam dan jarang berkicau.
Jamur atau bubul pada kaki burung kenari jika didiamkan akan berakibat fatal, burung jadi jarang berkicau dan paling parah kaki kenari bisa putus dan lama-lama habis.
kaki kenari jamuran
Kenari terkena jamur, kakinya diangkat satu
Jamur bukannya tanpa sebab menyerang kaki burung kenari, biasanya jamur tumbuh dan menyerang kaki burung kenari akibat kondisi kebersihan sangkar yang kurang terjaga. Seperti sangkar yang kotor, tangkringan yang berjamur, feses kotoran burung yang jarang dibersihkan dan juga kerodong yang jarang dicuci.

Pada artikel ini, tips burung mencoba memberikan saran dan referensi cara membersihkan dan mengobati kaki burung kenari yang terkena jamur termasukcara pencegahannya.

Cara mengobati kaki burung kenari yang terkena jamur atau bubul.

  1. Pegang burung sebaik mungkin, jangan terlalu kencang tapi jangan terlalu longgar karena bisa terbang..he3x..
  2. Cuci dan bersihkan kaki burung kenari menggunakan air atau cairan pembasuh antiseptic seperti Revanol, bisa Anda beli di Apotik terdekat, kemudian keringkan.
  3. Oleskan salep anti jamur yang bisa Anda beli di Apotik, seperti salep 88, Ultracillin atau Salep Bio Clean yang khusus burung sambil dibersihkan jamurnya.
  4. Setelah cukup bersih jamurnya, kaki burung bisa kembali diolesi dengan sedikit salep tersebut kemudian dimasukkan kembali ke dalam sangkar.

Pencegahan supaya kaki kenari tidak terkena jamur.

  1. Pindahkan burung kenari ke dalam sangkar lainnya.
  2. Lepas semua tangkringan sangkar, cepuk pakan dll..bersihkan sangkar beserta jari-jarinya, tangkringannya dan juga cepuk pakan menggunakan air bersih dengan sabun secukupnya atau bisa juga menggunakan shampo burung.
  3. Bersihkan sangkar hingga lantai dasar sangkar, hingga bersih secara rutin dan terjadwal.
  4. Kerodong jika tidak sedang digunakan bisa dijemur beberapa jam dalam panas terik, supaya jamur yang menempel di kerodong bisa mati. Cucilah kerodong setiap 3 hari sekali atau seminggu sekali.
Sobat KM, mencegah akan lebih baik dari pada mengobati, maka rutin membersihkan sangkar dan menjaga kebersihan sangkar bisa mencegah kaki kenari terkena sakit karena jamur. Jangan sepelekan kerodong sangkar, saya pernah mengalami burung kenari saya terkena jamur parah yang ternyata disebabkan kerodong yang kotor saya gunakan terus dan jarang dicuci.

0 Response to "Cara membersihkan kaki burung kenari dari jamur"

Post a Comment

STTB