Persiapan Ternak Burung Kenari

Persiapan Berternak Burung Kenari | Dengan persiapan yang matang karena perencanaan yang tersusun rapi sebuah usaha diperkirakan akan menghasilkan produk yang di inginkan. Demikian pula dalam hal usaha ternak burung Kenari, bila segala kebutuhan dipersiapkan sejak awal dan diperhitungkan dengan matang maka usaha akan berjalan dengan lancar, sekali pun terdapat ganjalan atau cobaan hal itu telah dapat diprediksi sehingga mudah dalam mencari solusi.


Persiapan Indukan
Burung Kenari Jantan yang memiliki kualitas excellent baik dari segi suara maupun rupa merupakan modal atau hal yang harus dipersiapkan dari awal. Memiliki 1 calon pejantan yang baik tentu saja harus didukung dengan indukan betina, agar cepat menghasilkan anakan yang banyak maka milikilah 3 - 4 indukan betina yang telah siap kawin. Beberapa peternak meyakini 1 : 4 sangat layak dalam berternak kenari, karena burung jantan termasuk burung suka berpoligami.

Burung kenari jantan yang siap kawin dan telah mencapai b'rahi yang optimal adalah yang telah berusia 8 bulan keatas, namun lebih baik yang berusia diatas 1 tahun, demikian pula untuk calon betinanya. Ciri Ciri Kenari jantan siap kawin adalah burung yang telah gacor dan suka mengejar betina bila di dekatkan. Sedangkan yang betina kalau sudah siap kawin akan merunduk, membuka ekor dan ngleper - mengepakkan sayapnya.

Persiapan Sangkar
Sangkar yang digunakan untuk berternak kenari adalah sangkar yang berbentuk kotak, didalamnya disiapkan keranjang berbentuk cawan, sediakan bahan sarang dari serut kayu, serat kayu dan kapas. Agar lebih maksimal hasilnya, sangkar tadi ditempel di tembok, namun pastikan daerah itu tidak dilewati semut dan tikus, karena keberadaan semut maupun tikus akan menjadi hama bagi burung kenari. Pastikan posisinya yang mudah dibersihkan sehingga disekitar sangkar kelak akan menjadi bersih agar burung terjaga kesehatannya.

Persiapan pakan dan nutrisi
Agar burung jantan maupun betina sama-sama mencapai b'rahi yang optimal maka kebutuhan pakan bagi kedua burung harus benar benar terjaga. Adapun pakan yang perlu disiapkan dalam berternak kenari adalah : Kenari seed mix, sayur mayur segar, telur puyuh, CD kenari eggfood dan multivitamin.

Setelah semua persiapan dilakukan, barulah proses penjodohan dimulai dan peternakan dilanjutkan. Semoga dengan catatan singkat KM Kissawa ini bermanfaat, mohon maaf bila apa yang saya sampaikan kurang sempurna.

0 Response to "Persiapan Ternak Burung Kenari"

Post a Comment

STTB