Membedakan Cililin Jantan dan Betina

Bagi yang masih awam dengan burung Cililin tentu saja kesulitan dalam membedakan kelamin burung jantan dan betina bila burung ini dijadikan satu apalagi dipisah. Namun bagi yang sudah senior dan lama bermain dengan burung ciliin tentu saja hal ini bukanlah perkara sulit.

Cililin Jantan Coklat
Agar para sahabat Km Kissawa bisa membedakannya, inilah Perbedaan Cililin Jantan dan Betina :

Untuk membedakan antara burung cililin jantan dan betina, kita bisa melihat dari ciri fisiknya. Adapun ciri-ciri burung Cililin jantan mempunyai bintik putih di alis mata lebih kecil, bulu putih yang terdapat di leher terlihat lebih tebal dan warna hitam sebagai pemisah terlihat jelas, badan dan kepala terlihat lebih besar, warna terlihat lebih pekat atau tua, posisi badan lebih tegak, lebih sering bunyi dibandingkan Celilin betina dan mempunyai karakter suara yang rapat, panjang dan kasar.

Sedangkan ciri-ciri burung Cililin Betina mempunyai bintik putih di alis mata lebih besar, bulu yang putih terdapat di leher lebih tipis dan terlihat kurang jelas pada warna hitam pemisahnya, badan dan kepala terlihat cenderung lebih kecil dibanding yang jantan, warna lebih terlihat lebih muda, posisi badan lebih datar, jarang bersuara dan tidak rapat, lebih pendek dan halus.

Itulah Perbedaan Cililin Jantan dan Betina, meskipun ini hanya gambaran singkat semoga bermanfaat, mohon maaf bila kurang sempurna, karena ini juga berdasarkan kutipan kami dari Ronggolawe.

0 Response to "Membedakan Cililin Jantan dan Betina"

Post a Comment

STTB