Cara Ternak Burung Kenari

Harga Burung Kenari di tahun 2014 ini mengalami kenaikan, sehingga para peternak burung kenari merasakan kebahagiaan karena hasil breeding mereka langsung terserap pasar dengan cepat dan harganya tinggi. Melihat kondisi pasar yang baik itu akhirnya banyak pecinta burung yang mengalihkan perhatiannya pada usaha Ternak Burung Kenari. 

Bila anda memiliki kesabaran dan ketelitian dalam memelihara burung kenari mungkin tak ada salahnya melakukan percobaan ternak burung kenari, karena usaha ini tergolong mudah dan modal yang tidak terlalu besar untuk sekala rumah tangga atau skala hobi.

Cara Ternak Burung Kenari telah banyak dibagikan oleh para pecinta burung dalam forum maupun blog mereka, kali ini saya pun ingin menyampaikan betapa mudahnya Cara Ternak Burung Kenari dengan dua cara yaitu ternak kenari dengan sangkar gantung dan Ternak kenari sangkar tempel.

Secara umum proses ternak burung kenari harus melalui tahapan :
  • Persiapan Ternak
  • Penjodohan
  • Setelah burung berjodoh, kemudian kenari betina bertelur hingga maksimal jumlahnya barulah burung jantan ambil dan si betina di asingkan ditempat yang nyaman dan aman.
  • Burung kenari bertelur 3-4 butir, kemudian mengerami telurnya 14-20 hari. 
  • Selama burung betina mengeram, perhatikan makan dan minumnya, karena burung kenari setelah mengeram 1 minggu juga akan melakukan mandi bila suhu udara terlampau panas.
  • Burung kenari yang telah menetas biarkan dirawat oleh indukannya sampai 1 minggu jika anda ingin merawat sendiri anakan tersebut dengan cara menyuapi, namun jika anda tidak memiliki waktu untuk menyuapi anakan kenari, ada baiknya burung dibiarkan dirawat oleh indukannya sampai besar dan bisa makan sendiri.
  • Ibu kenari atau kenari betina akan kembali bertelur setelah anak-anaknya berusia 25 hari, untuk itu di hari ke 23 usia anaknya, ada baiknya burung jantan di masukkan dalam sangkar betina, biar burung melalui masa perkawinan yang sehat.
  • di Usia 30 hari kenari muda telah bisa makan dan terbang sendiri, maka burung sudah bisa dipisahkan dari indukannya, agar burung indukan bisa mengerami telurnya dengan tenang.
  • Kenari muda, sejak kenari menetas makanan yang harus anda siapkan adalah Telur puyuh rebus yang dibelah dua dan sayuran sawi putih. Makanan ini harus terus disediakan setiap hari hingga burung kenari besar maupun bisa ngoceh atau ingin anda jual.

Demikianlah Cara Bertenak Burung Kenari yang dapat saya rangkung berdasarkan penuturan para peternak burung kenari yang telah berpengalaman. 
Semoga bermanfaat yaa...

0 Response to "Cara Ternak Burung Kenari"

Post a Comment

STTB