Merawat Burung Kolibri Wulung

Burung Kolibri Wulung merupakan burung yang unik, karena kemampuannya terbangnya di udara sambil menghisap madu kerap menjadi target shooting bagi fotografer. sementara itu bagi kicau mania, suara burung kolibri wulung kerap dijadikan masteran burung berkicau lainnya yang dilombakan. Burung kolibri ini di beberapa daerah juga dijadikan burung lomba, dengan demikian harga burung ini pun akan lebih terangkat meskipun Merawat Burung Kolibri bukan perkara mudah.


Makanan Kolibri Wulung tergolong cukup mudah, namun tidak semua perawat burung bisa mempertahankan hidup burung ini dalam waktu yang lama. dan yang lebih melelahkannya lagi burung ini akan mencapai performance yang ngetop kemudian ngedrop dan sulit untuk dikendalikan lagi. Meskipun kita bisa merawat burung ini, namun tempat terbaik bagi burung ini adalah di alam liar yang menyediakan aneka bunga yang segar dengan sari bunga menyehatkan.

Agar burung ini bisa bertahan hidup yang lebih lama dan bisa kita jadikan kicauan yang sangat menghibur dirumah maka sebisa mungkin kita harus bisa menyediakan nektar buatan yang hampir sama dengan nektar alami. Menurut penuturan berbagai elemen pecinta burung pemakan madu, Kolibri Wulung dapat diberi makanan berupa air gula. Inilah Cara Membuat Air Gula untuk Kolibri Wulung :

  • Sediakan panci yang bersih
  • 1 Gelas Air ditambah 4 sendok gula putih. 
  • Rebus air gula tersebut sampai matang (mendidih)
  • Kemudian dinginkan, biarkan dalam panci. Setelah dingin barulah dimasukkan ke dalam botol air mineral agar bisa digunakan dikemudian hari. 

Ambil sebagian air gula yang telah dingin tadi dan masukkan dalam wadah (cepuk) untuk burung kolibri, anda tak perlu menambahkan madu maupun air lagi. Bila ingin memberi air minum yang segar cukup anda berikan dalam wadah yang berbeda.

Selain menyediakan air gula seperti diatas, burung kolibri juga bisa diberikan pisang kepok yang telah matang atau Kroto segar sebagai makanan tambahan. dalam pantauan saya tidak semua burung kolibri wulung langsung mau diberi kroto atau pisang, namun anda bisa terus memberinya agar burung lebih sehat, lama kelamaan juga akan mau memakannya karena tertarik dengan aroma maupun warna yang segar dari kroto maupun pisang yang matang.

Skedul Merawat Burung Kolibri Wulung :

  • Setiap pagi hari burung dikeluarkan dari rumah sekitar pukul 6 pagi atau lebih awal agar mendapatkan udara yang segar atau embun pagi hari.
  • Setelah matahari terbit, sekitar pukul 7 pagi burung di mandikan dengan semprotan, bersihkan sangkar dan beri makanan kesukaannya. 
  • Nektar buatan diberi setiap hari, sebaiknya setiap hari diganti.
  • EF seperti kroto dapat diberikan 2 hari sekali, pisang yang telah matang dapat diberikan setiap hari.
  • Vitamin khusus untuk burung dapat diberikan 3 hari sekali sesuai dosis yang berlaku. namun pemberian vitamin sebaiknya dilakukan setelah burung di jemur yang dicampur dengan air minum. 
  • Penjemuran burung kolibri cukup singkat saja, setelah pukul 9 sebaiknya segera diteduhkan dan ditaruh diteras atau dekat aktivitas manusia agar burung semakin jinak. 
  • Siang hari burung tak perlu dikerodong kecuali untuk persiapan lomba, biarkan burung berkicau setelah diberi makan yang cukup dan dibersihkan sangkarnya.
  • Sore hari bila dirasa perlu burung bisa dimandikan, bila tidak dimandikan setelah matahari mulai tenggelam barulah burung disimpan dan dimasukkan dalam rumah, dikerodong agar bisa istirahat dengan tenang.

Itulah urutan Cara Merawat Burung Kolibri Wulung yang telah banyak diterapkan oleh pecinta burung kolibri di Km Kissawa. Semoga catatan cara merawat burung kolibri wulung ini bisa menjadi inspirasi siapa pun untuk membiarkan hidup burung ini dalam waktu yang lama di alam bebas. Setelah bisa merawat burung ini, hendaknya kita juga berusaha untuk membudidayakan/berternak burung agar populasi burung ini tidak semakin punah.

0 Response to "Merawat Burung Kolibri Wulung"

Post a Comment

STTB