Menjaga Burung Kenari Agar Selalu Rajin Berkicau

Banyak Kenari Mania yang menjadikan burung ini sebagai kicauan dirumah atau sekedar untuk hobbi saja, sehingga mereka membeli burung Kenari yang sudah jadi dengan harga yang sedikit lebih mahal karena sama-sama memelihara burung sebaiknya merawat yang sudah jadi. Namun pada kenyataannya banyak Kenari Mania yang mengeluhkan burung kenarinya yang dulunya gacor owor owor tiba tiba macet bunyi karena sesuatu hal. Kembalikan kenari macet anda sampai bunyi kembali dengan membaca artikel Kissawa terdahulu DISINI

Banyak cara bisa ditempuh untuk menjaga kicauan burung kenari biar terus stabil, namun pada dasarnya hal terpenting itu adalah :
  • Menjaga kebersihan burung dan sangkarnya agar burung terjamin tidak mudah terserang hama dan penyakit burung.
  • Meningkatkan stamina burung dengan menyediakan nutrisi yang lengkap, vitamin yang cocok dan terjamin serta penjemuran pagi yang rutin.
  • Memberi makanan yang bersih dan bergizi, Meskipun hanya makan kenari seed burung bisa bertahan hidup, namun untuk menjaga kicauannya hal itu tidaklah cukup, untuk itu selain kenari seed burung juga harus diberi EF yang cukup.

Dengan mengetahui syarat diatas maka dapat kita pahami bahwa betapa pentingnya membersihkan sangkar burung setiap hari, memandikan dan menjemur burung dengan rutin, memberi makanan yang sehat dan diganti setiap periode tertentu (sebaiknya setiap hari). Meskipun kenari seed tidak habis setiap hari, sebaiknya dua hari sekali diganti, karena bila terlalu lama dikwatirkan kenari seed mix terkena kotoran dan jamur - dimana jamur dan kotoran itu bisa mengganggu pencernaan burung maupun kesehatan burung pada resiko yang lebih lanjut.

Pemberian vitamin untuk burung yang sudah bunyi dapat dilakukan seminggu sekali sesuai takaran yang berlaku. EF berupa telur cukup diberikan untuk 1 hari, bila tidak habis sebaiknya sore hari dibuang, demikian juga dengan sayur dan buah. Hal ini untuk menjamin burung mendapatkan makanan yang bersih dan segar.

Demikianlah catatan Kissawa tentang Menjaga Burung Kenari agar selalu rajin berkicau hingga bertahun tahun. Jika ingin mendapatkan keturunan dari seekor burung kenari jantan yang berkualitas baik maupun burung juara, sebaiknya burung di ternak atau ditangkarkan. silahkan dibaca Cara Berternak Burung Kenari.

0 Response to "Menjaga Burung Kenari Agar Selalu Rajin Berkicau"

Post a Comment

STTB