Penyebab dan Mengatasi Cendet Manja

Burung Cendet / Pentet terkadang menjengkelkan, terutama bila sifat manjanya muncul. Sehingga burung dewasa akan terlihat seperti masih piyikan. Sebenarnya sifat ini muncul, karena cendet kerap dimanja oleh pemiliknya. Biasanya bila telah berusia delapan bulan, sifat manja cendet telah lenyap seiring pertumbuhan menjadi burung dewasa. Burung ini akan nampak lebih tenang. Tapi usia yang dewasa ini terkadang tidak menghilangkan sifat manja begitu saja. Apa saja penyebab burung cendet manja dan cara tepat mengatasinya.
Penyebab cendet manja

Beragam penyebab bisa menjadikan cendet dewasa tapi masih bersifat manja. Apa saja penyebabnya?
  • Kekurangan protein hewani dan nutrisi yang dibutuhkan, serta bisa juga karena pola makan yang kurang teratur.
  • Cendet merupakan burung predator yang suka memakan ikan kecil, burung kecil dan kadal. Bila pakan hariannya hanya voer dan beberapa ekor jangkrik saja, maka cendet akan terlihat manja. Karena asupan proteinnya tidak mencukupi.
  •  Cendet terlalu sering diberi makan dengan tangan pemiliknya atau disuapin. Oleh karenanya hentikan kebiasaan ini bila anda masih menerapkannya pada cendet peliharaan anda.
Biasanya burung cendet manja akan terlihat seperti gambar dibawah ketika di dekati oleh manusia :


Cara menangani cendet manja

Memiliki cendet yang manja pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Tapi anda tidak perlu khawatir karena berbagai cara terbukti bisa mengatasi sifat manja dari cendet ini. Apa saja cara tepat yang bisa mengatasinya?
  •  Menerapkan terapi kejut. Metode ini dengan cara memandikan dengan diguyur sampai basah kuyup, memberikan asupan makanan hingga kenyang, menggebrak sangkar sampai terlihat ketakutan, menyemprot air dingin ke badannya.
  •  Mengenakan full kerodong.
  • Menggantung sangkarnya di daerah yang sepi.
  •  Merangsangnya menjadi giras atau liar.
  •  Mengembalikan mental predator aslinya.
  • Memberikan ekstra fooding yang lebih beragam, seperti daging mentah, ikan kecil, kadal, orong-orong, belalang dan jangkrik.
  •  Mandikan cendet setiap pagi hari, kemudian diangin-anginkan dan dijemur sampai 3 jam.
  •  Jika kebutuhan nutrisi dan protein dari pakan dirasa kurang mencukupi, maka anda bisa memberikan multivitamin yang terbukti khasiatnya.
untuk mengatasi cendet manja anda bisa baca di artilkel mengenai cara me-normalkan pentet manja
Nah cara di atas bisa anda terapkan dirumah agar burung cendet yang anada miliki bisa berkurang tingkat kemanjaannya, kunci utama dalam mengatasi burung cendet yang manja selain cara di atas adalah dengan SABAR kenapa ?  untuk mengembalikan burung cendet yang sudah terlanjur manja menurut pengalaman saya itu agak susah bahakan membutuhkan waktu yg cukup lama tergantung dari burung cendetnya sendiri, bahkan saya sendiri dulu juga pernah memiliki burung cendet yang awalnya gacor yang stiap kali saya goda dengan cetetan" tangan saya agar burung  bunyi akan tetapi lama kelamaan burung cendet yang saya miliki bisa berubah jadi cendet yang manja dan terpaksa dah saya jual tuh burung cendet hehe.

0 Response to "Penyebab dan Mengatasi Cendet Manja"

Post a Comment

STTB