Merawat Burung Kemade Bakalan

Burung Kemade sampai saat ini yang ada di pasar burung adalah bukan burung hasil ternakan atau breeding melainkan burung hasil tangkapan hutan. Agar burung kemade bisa bertahan hidup di lingkungan baru, di dalam sangkar yang kecil dan tak bisa terbang bebas seperti ketika masih di alam maka burung harus di pra kondisi agar burung terbiasa dilingkungan baru. Pra kondisi disini kami sebut dengan Merawat burung kemade bakalan tangkapan hutan.

Burung Kemade atau Cabe-Cabean Jawa merupakan burung pemakan buah-buahan yang manis dan serangga kecil yang lunak, untuk itu berikanlah makanan yang sesuai dengan burung ini agar burung mau makan. Karena burung yang tidak mau makan dipastikan 90% akan mati.

Merawat Burung Kemade Bakalan MH
  • Burung ini kerap hidup berkoloni, bila hidup di dalam sangkar yang ada temannya kemungkinan burung stress akan berkurang, selain itu burung juga memiliki semangat hidup karena merasa ada teman atau saingan dalam berburu makanan, sehingga akan saling bergantian makan dan berebut makanan. Untuk itu, bila baru mendapatkan burung ini, sebaiknya di tempatkan dalam sangkar koloni, setelalah 3 hari barulah burung dipisahkan.
  • Setelah burung dipisahkan, sebaiknya tetap diberi makanan utama burung ini yaitu buah pisang kepok yang telah matang dan digaris-garis agar seakan-akan sudah dimakan.
  • di hari ke empat dipagi hari burung dimandikan, kemudian dijemur dan diberi makan. Penjemuran jangan terlalu panas, cukuplan 1-2 jam lamanya.
  • Siang hari burung bisa digantung di teras atau dibawah pohon.
  • Gantung burung di dekat aktivitas manusia agar burung cepat jinak.
  • Di malam hari burung sebaiknya di taruh ditempat yang tidak terkena angin, misalnya digarasi atau di dalam rumah.
  • Kicauan burung ini sudah bagus, jadi pemasteran rasanya sudah tidak diperlukan, kecuali terapi suara alam agar burung merasa nyaman dilingkungan baru.

Itulah Cara merawat burung bakalan mudah hutan, meskipun singkat saya harap tetap bermanfaat untuk rekan-rekan pecinta burung Kemade atau Cabe-Cabean jawa,




0 Response to "Merawat Burung Kemade Bakalan"

Post a Comment

STTB