Cara Merawat Prenjak Kepala Merah

Prenjak Kepala Merah adalah jenis burung berbadan kecil yang sangat lincah yang seakan tidak pernah punya lelah untuk melompat ke kanan dan kekiri, sehingga burung ini tampak begitu cepat berpindah dari satu dahan ke dahan lainnya. Apalagi saat angin berhembus ke dedaunan burung ini semakin tak terlihat, terutama untuk anda pengamat burung yang tentu saja kerap kehilangan burung ini ketika angin bertiup kencang.

`

Meskipun berbadan kecil, namun suara burung ini sangat keras, sehingga banyak pecinta burung yang menjadikan Prenjak Kepala Merah sebagai burung masteran. Agar burung ini menjadi rajin berkicau atau gacor maka burung perlu di rawat dengan baik, Dengan perawatan yang tepat burung prenjak akan lebih stabil dan rajin berkicau.

Untuk penggemar Prenjak Kepala Merah (Cinenen), inilah Cara Merawat Burung Prenjak Kepala Merah :

  • Setiap pagi burung dikeluarkan dari rumah untuk mendapatkan udara segar, apalagi bila burung di embunkan tentu saja burung akan semakin sehat dan bahagia bersama pemiliknya.
  • Setelah matahari terbit barulah burung di mandikan dengan semprotan yang lembut agar burung semakin sehat dan bersih, selanjutnya sangkar dibersihkan agar kesehatan burung terjamin, karena burung yang sehat dipastikan akan lebih cepat berkicau dibandingkan burung yang sakit.
  • Jemur burung dengan segera setelah dimandikan sampai bulu  mengering, kemudian berikan makanan yang disukai seperti Ulat Kandang, Kroto maupun Voer Halus.
  • Porsi UK dapat diberikan 1 sendok yang dicampur dengan voer, Kroto diberikan 1 sendok setiap hari atau dua hari sekali.
  • Air minum setiap hari harus diganti meskipun burung tidak dimandikan, agar suara burung tidak rusak karena meminum air yang sudah kotor.
  • Penjemuran burung Prenjak tidak perlu terlalu lama atau sampai matahari diatas kepala, cukup sampai pukul 9 atau 10 pagi saja.
  • Mandi cukup dilakukan dipagi hari, dan dimalam hari sebaiknya burung dikerodong agar burung bisa istirahat dengan tenang dan diletakkan ditempat yang gelap.
  • Sebagai burung masteran, rasanya burung prenjak kepala merah tidak perlu di master karena kicauan alami burung ini sudah cukup bagus.

Itulah cara merawat burung Prenjak Kepala Merah yang dapat saya bagikan untuk anda di blog Km Kissawa, semoga bermanfaat untuk anda yang sdang belajar merawat burung.

0 Response to "Cara Merawat Prenjak Kepala Merah"

Post a Comment

STTB