Tips perawatan Pleci supaya bersuara keras


Tips burung - Problem suara kecil dan pelan memang masalah utama burung-burung dengan tubuh ukuran kecil seperti  Burung Pleci. Namun bukan hal yang tidak mungkin jika kita bisa melatih burung Pleci supaya bisa bersuara lebih keras dan lantang.
Kenyataannya para Pleci mania ternyata bisa dan berhasil membuat Pleci jagoan mereka mampu bersuara keras, lantang dan tembus dalam perlombaan.

pleci gunung
Pleci gunung/montanus
Tentunya membuat Pleci bisa bersuara keras dan lantang memerlukan latihan dan juga terapi dalam perawatan hariannya. Selain terapi dan latihan, pemberian pakan dan ekstra fooding juga mampu mendorong burung untuk bisa berkicau keras. Namun demikian untuk membuat Pleci bisa berkicau keras dan bersuara tembus bukanlah hal yang instan dan cepat namun memerlukan ketelatenan dan kesabaran dalam perawatannya, apalagi Pleci bahan dari beli ombyokan. Berikut ini cara dan tips perawatan Pleci agar bisa bersuara keras dan lantang.

Biarkan burung istirahat total pada malam hari.

Buat kondisi burung seaman dan senyaman mungkin pada malam hari untuk beristirahat total, kondisi burung yang bisa beristirahat total dengan waktu yang cukup akan meningkatkan kesehatan dan stamina burung. Dalam kondisi tubuh yang fit dan sehat, burung juga akan memiliki gairah dan semangat untuk berkicau dengan power yang lebih full pada pagi harinya.

Kondisikan pengembunan pagi hari berjauhan.

Setelah malam hari diistirahatkan dalam kondisi dikoloni berjejer, pagi harinya saat pengembunan lebih baik dijauhkan tidak saling lihat. Hal ini dilakukan agar burung saling memanggil satu sama lain, karena burung Pleci merupakan jenis burung koloni maka ketika dijauhkan akan saling memanggil dan mencari koloninya. 

Ketika saling memanggil ini, burung akan terpancing untuk bersuara lantang dan keras sehingga kita bisa mengetahui burung manakah yang memiliki bakat suara keras dan lantang.

Selain itu, pengembunan juga memberikan udara segar pagi hari untuk burung agar terpancing lebih rajin berkicau dengan lantang dan keras.

Penjemuran dengan cara berjejer.

Selesai pengembunan dan ketika matahari sudah mulai bersinar, burung bisa mulai dimandikan dengan cara dipancing disemprot menggunakan sprayer. Cepuk-cepuk air juga diisi dengan air yang bersih, supaya burung yang sudah disemprot bisa meneruskan mandi sendiri di dalam cepuk dengan air yang bersih dan baru.

Penjemuran bisa dilakukan berjejeran/berdempetan antar sangkarnya, sambil penjemuran kita bisa memutarkan suara-suara masteran untuk Pleci atau bisa juga dengan memutar audio terapi untuk Pleci agar burung juga terpancing berbunyi satu sama lainnya.

Biasanya jika burung terpancing mendengar audio pancingan atau audio terapi, maka burung akan ikut berbunyi, ngeriwik atau ngalas tergantung karakter burung. Dari situ kita bisa melihat juga mana burung yang lantang dan keras serta memiliki prospek bagus.

Selesai penjemuran, burung bisa ditempatkan di tempat yang sejuk dan nyaman sampai sore harinya. Menjelang sore kira-kira jam 15:00 kita bisa keluarkan kembali sangkar untuk dijemur sekitar kurang lebih 1 jam pada sore hari tersebut. Penjemuran sore bisa dilakukan dengan cara berjejer kembali seperti pada pagi harinya. Semoga bermanfaat.



0 Response to "Tips perawatan Pleci supaya bersuara keras"

Post a Comment

STTB