Burung prenjak lumut

Prenjak lumut, merupakan burung kecil pengicau dengan bulu ekor memiliki lancur atau bulu yang lebih panjang dari bulu ekor lainnya. Prenjak lancur biasa di daerah lain ada yang memberi nama Cinenen pisang dan Prenjak lumut.
Burung ini merupakan burung pengicau dari suku Sylviidae, merupakan burung yang menyukai menjahit serat dedaunan untuk dijadikan sebagai sarangnya sehingga diberi nama dalam bahasa Inggrisnya Common Tailordbird.
prenjak lumut, prenjak lancur
Prenjak lumut/lancur dengan lancur pada ekornya
Memiliki tubuh yang kecil dan ramping dengan panjang dari ekor hingga ujung paruh sekitar 10cm, dengan warna bulu dominan warna hijau lumut dari punggung hingga ekornya. Bagian kepala burung Prenjak lancur berwarna merah seperti warna merah karat, sedangkan warna bagian tengkuknya erwarna keabu-abuan.

Prenjak lumut, Prenjak lancur atau Cinenen pisang biasanya hidup di perkarangan dan perkebunan, daerah pinggiran hutan dan daerah hutan terbuka lainnya. Bergerak lincah dari satu dahan ke dahan lainnya untuk mencari makan serangga berupa serangga kecil-kecil, laba-laba dan ulat-ulat kecil dari dedaunan.

Prenjak lumut biasanya bersarang di pepohonan rendah dengan cara membuat sarang dari daun-daunan yang disambung atau dianyam menjadi bulatan kecil untuk bersarang dan bertelur. Karenanya burung ini disebut dalam bahasa Inggris menjadi tailorbird, karena kegemarannya membuat sarang dengan cara merangkai dedaunan untu dijadikan sangkarnya.

Cinenen pisang memang bukan merupakan burung favorit kicau mania, karena suara kicaunya terkesan monoton dan ada juga yang menyatakan bahwa burung ini termasuk burung yang rentan mati dan sulit dipelihara apalagi jika mendapati burung bakalan tangkapan hutan biasanya hanya mampu bertahan beberapa hari saja di dalam sangkar.

Dalam kesehariannya, Cinenen pisang atau Prenjak lumut memiliki kicauan cuit..cuit...cuit atau te-cie..te-cie...te-ciee...atau cwi..cwi..cwi..

Penjual-penjual burung di lapak burung atau kios burung biasanya menjual Prenjak lancur bakalan dijual dengan harga sekitar Rp. 15.000,- s/d Rp. 20.000,- sedangkan harga Prenjak lumut yang sudah jadi dan makan voer dijual dengan harga Rp. 75.000,- s/d Rp. 150.000,- tergantung kualitas burungnya.

0 Response to "Burung prenjak lumut"

Post a Comment

STTB