Tips mudah merawat ciblek piyikan

Artikel ini saya tulis karena tertarik beberapa teman yang sengaja memelihara burung ciblek semenjak masih piyik lolohan.
Alasan memelihara burung ciblek dari muda hutan yang masih lolohan dikarenakan burung akan lebih mudah dalam setelan serta mentalnya akan lebih baik karena sudah terbiasa dengan manusia semenjak masih piyikan.
ciblek piyikan
Anakan ciblek di luar sangkar
Namun merawat burung ciblek atau burung apapun dalam keadaan masih piyik dan butuh pakan lolohan tentu sedikit merepotkan dan tentunya memiliki resiko tersendiri dibanding burung yang sudah bisa makan sendiri.

Merawat burung piyikan harus ekstra sabar karena sebentar-bentar burung akan ciap-ciap minta makan/disuapin pakan, sehingga kita harus siap sedia member dan menyediakan pakan lolohan.

Berikut ini tips ringan merawat burung ciblek piyikan, supaya burung tetap hidup dan bisa menjadi dewasa tentunya.
  1. Berikan voer yang sudah diaduk menggunakan air hangat dan diberi kroto putih saja untuk dicampur dan diaduk dengan voer lembut.
  2. Potongan perut jangkrik, potong kecil saja.
  3. Pakan bubur voer tersebut selain bisa dicampur kroto atau potongan lembut perut jangkrik, bubur voer juga bisa diberi vitamin burung untuk penambah asupan gizi.

Cara meloloh piyikan ciblek.

  1. Gunakan alat menyerupai sendok namun kecil sehingga masuk pada mulut burung, atur bagian sisi-sisi sendok supaya halus dan tidak tajam sehingga tidak melukai paruh burung lolohan.
  2. Berikan pakan pada burung lolohan ketika burung sudah ciap-ciap dan rewel meminta suapan pakannya.
  3. Selesai proses penyuapan/meloloh burung, bisa disusul dengan pemberian potongan jangkrik kecil-kecil sebagai pakan tambahannya.
Jika burung sudah mulai bisa mematuk dan makan sendiri, maka sebaiknya mulai sediakan juga pakan bubur voer yang tidak terlalu encer di dalam sangkar dengan campuran kroto yang putih saja supaya burung mau mulai makan sendiri.

Pemberian pakan potongan perut jangkrik juga bisa tetap dilakukan, selain potongan perut jangkrik, pakan lain seperti UH yang sedang ganti kulit juga bisa diberikan pada pagi dan sore hari sebanyak 1 atau 2 ekor saja cukup.

0 Response to "Tips mudah merawat ciblek piyikan"

Post a Comment

STTB