Rawatan pleci lomba ala Om Sella Cell



Sebenarnya cukup lama ingin bertanya rawatan harian pleci milik Om. Sella Cell, penasaran ketika melihat gacoan Om. Sella setiap dibawa lomba selalu membuahkan hasil. Meski tidak selalu menyabet juara satu, akan tetapi setiap dibawa lomba gacoan Om. Sella selalu menarik perhatian juri lomba.

Adalah seekor Pleci Dakun maput bernama Awal yang membuat saya mencoba mencari tahu perawatan harian dan pakan apa yang biasa diberikan hingga bisa menjadikan Pleci bernama Awal gacoan Om. Sella selalu nampil maksimal di hampir setiap gantangan lomba burung Pleci.
Om. Dirin/ Sella Cell

Begini cara Om. Sella Cell merawat Pleci gacoannya setiap hari, sehingga bisa selalu moncer.


  1. Pagi hari pukul 06:30 burung dikeluarkan untuk diberikan pakan baru berupa UH dan vitamin burung,  kemudian air pada cepuk diganti yang baru dan bersih supaya burung mandi sendiri.
  2. Sambil mengganti pakan dan air, sangkar juga bersihkan sampai bersih semua.
  3. Selesai penggantian pakan dan pembersihan kandang, burung dijemur secara berjajar sampe pukul 10:00 atau 11:00 pagi, untuk kemudian selesai penjemuran burung dimasukkan ke dalam rumah dan tetap dijejer gantangannya di dalam rumah.
  4. Perlakuan dan perawatan tersebut konsisten dilakukan sehari-hari, sampai dengan menjelang lomba.
  5. Pemberian Ulat hongkong sehari-hari Om. Sella tidak pernah membatasi, jika ada berapa ekor UH yang putih bisa langsung diberikan jadi jumlah bebas saja setiap harinya.
Pleci dakun maput bernama Awal dengan prestasinya.

Bagaimana perlakuan dan rawatan menjelang lomba Om ?

  1. Hari H menjelang lomba, Om. Sella biasanya memberi UH putih sekenyangnya burung dan sedikit kroto untukekstra foodingnya.
  2. Sebelum berangkat, sangkar dibersihkan sampai bersih kemudian dikerodong dan berangkat.
  3. Vitamin tambahan pada minuman biasanya diberikan Om. Sella menjelang lomba, air putih dilepas supaya burung hanya minum air yang sudah diberi vitamin burung.

Demikian artikel tentang rawatan pleci ala Om Sella sehingga Pleci gacoannya selalu moncer, oh iya untuk pengembunan pada Pleci, Om Sella hanya melakukan pengembunan untuk burung bakalan saja. Sedangkan burung jadi dan siap lomba perawatannya seperti tersebut di ata tadi. Selamat mencoba sendiri di rumah Sobat kicau. Salam kicau

0 Response to "Rawatan pleci lomba ala Om Sella Cell"

Post a Comment

STTB