Cara mengatasi pleci stress

Bagaimana cara mengatasi dan merawat burung Pleci yang stress dan cenderung lebih banyak diam ? itulah sepenggal pertanyaan yang muncul di grup penyuka burung Pleci di Facebook.
Penyebab burung stress dan diam jika admin cermati dan baca di berbagai artikel biasanya disebabkan oleh banyak factor dan sebab seperti : terintimidasi burung lain yang lebih besar, makanan tidak cocok, lingkungan yang tidak cocok dan lain sebagainya.
burung pleci
Pleci murung
Jika melihat penyebab stress pada teman Pleman di grup facebook tersebut disebabkan oleh burung yang dipindah/dibawa naik kendaraan umum namun burung dimasukkan ke dalam bumbung bambu. Admin pikir hal tersebut wajar, mengingat burung biasa berada dalam sangkar yang terang dan luas namun tiba-tiba dipindah ke dalam lingkaran bambu yang sempit dan pengab.

Untuk mengatasi burung Pleci yang stress harus bagaimana perlakuannya ?

Menurut pendapat dan masukkan dari Pleman lain di grup Pleci mania, mengatasi Pleci yang stress bisa dilakukan rawatan rutin selama tiga hari dengan cara sebagai berikut :
  1. Coba jemur burung selama 3 jam setiap pagi tanpa makanan, minuman.
  2. Setelah selesai penjemuran selama 3 jam, berikan pakan berupa madu, minum/air, larutan penyegar dan buah pepaya.
  3. Lakukan cara tersebut selama 3 hari berturut-turut, sambil melihat kemajuan dan perkembangan perawatan tersebut.
Cara tersebut tidak mutlak harus dilakukan, hanya sebagai referensi untuk Anda dan bisa Anda terapkan atau tidak terserah Anda. Jika ingin mencoba rawatan tersebut, lakukan dengan sabar dan tekun hingga membuahkan hasil memuaskan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Salam

0 Response to "Cara mengatasi pleci stress "

Post a Comment

STTB