Perawatan harian burung kenari supaya sehat

Memelihara burung kenari memang bisa dikatakan gampang-gampang susah, dikatakan gampang karena kenari termasuk burung yang mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan baru ataupun manusia. Sulit dan rumitnya merawat burung kenari karena banyak yang mengatakan jika burung kenari termasuk burung yang ringkih atau mudah terserang penyakit.

Untuk itu rawatan harian burung kenari memang harus ekstra dan menyeluruh, mengingat potensi penyakit bisa berasal dari mana saja termasuk dari sangkar, kerodong, pakan maupun nyamuk juga bisa. Lantas bagaimana kita harus memperlakukan kenari supaya sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Burung kenari
Burung kenari

Berikut ini perawatan burung kenari supaya tetap sehat dan gacor.

  1. Keluarkan burung dari dalam rumah pada pagi hari sekitar pukul 06:00 s/d 07:00 supaya burung bisa menghirup udara segar dan merasa seperti di alam bebas.
  2. Biarkan sangkar di luar sembari dijemur secukupnya, dalam penjemuran kita harus memperhatikan kondisi burung.
  3. Sambil dijemur, burung bisa disemprot atau sediakan cepuk untuk mandi. Cepuk atau semprotan air untuk mandi diberi shampoo burung supaya burung terbebas dari penyakit dari bulu.
  4. Bersihkan sangkar dan tengkrengan secara rutin 3 hari sekali, untuk mencegah jamur yang melekat di sangkar maupun tengkrengan sangkar, biasanya jamur ini akan mengakibatkan kaki kenari bengkak.
  5. Kerodong sangkar juga perlu untuk dicuci 3 hari sekali, atau jika dalam kondisi burung dijemur atau digantang di teras rumah, kerodong sangkar bisa dijemur juga untuk membuang/membunuh jamur di kerodong karena lembab.
  6. Berikan pakan biji-bijian dalam cepuk sedikit saja, supaya tiap hari bisa diganti dengan yang baru, sedangkan pakan berupa sayur, telur dan lain sebagainya selalu ganti setiap harinya.
Demikian tulisan tips burung tentang cara perawatan burung kenari supaya burung dalam kondisi sehat selalu, karena burung yang sehat akan membuat burung dalam kondisi top perform sehingga rajin berbunyi.

0 Response to "Perawatan harian burung kenari supaya sehat"

Post a Comment

STTB