Membedakan jenis kelamin burung kacer

Untuk memiliki burung kacer dengan kicauan yang beragam kita harus membeli kacer dengan jenis kelamin jantan, bukan yang betina. Untuk itu tips burung mencoba memberikan pandangan untuk Anda bagaimana cara membedakan kacer jantan dan betina supaya pilihan tepat ketika membeli burung kacer.

Burung kacer merupakan burung favorit lomba maupun klangenan di rumah saja setelah burung kicau lainnya seperti Murai batu dan Cucak Hijau, Kacer termasuk burung yang cukup digemari. Selain suara burung kacer yang bisa menirukan burung lain, kacer juga termasuk burung petarung di arena lomba.

Kacer poci jantan
Rata-rata burung yang sering dibawa lomba merupakan burung kacer jantan, sedangkan kacer sendiri ada dua jenis yaitu kacer poci dan kacer hitam. Sedangkan kacer yang sering dibawa ke perlombaan seringnya kacer poci atau dada putih. Lalu bagaimana membedakan kacer jantan dan betina, berikut ini tips membedakannya :
  1. Kacer jantan warna hitamnya mengkilap dan tajam, sedangkan betina berwarna agak keabu-abuan tidak mengkilap.
  2. Dada burung kacer hitam memiliki warna hitam yang mengkilap, sedangkan kacer betina berwarna keabuan.
  3. Suara kicauan kacer poci jantan lebih variatif dan bermacam-macam serta lebih gacor, beda dengan kacer betina yang monoton.
  4. Meskipun tidak mutlak, ukuran kacer goci jantan biasanya badannya lebih gede dibandingkan dengan poci betina.
    Poci betina, warna hitam kusam

Bagaimana membedakan kacer poci masih trotol ?

Kacer poci jantan trotol bagian dadanya didominasi warna trotol hitam dengan kombinasi warna putih kekuningan, sedangkan betinanya berwarna trotol dengan putih agak abu-abu kusam.

0 Response to "Membedakan jenis kelamin burung kacer"

Post a Comment

STTB