Pemilihan dan perawatan burung Cucak Hijau yang bagus

Selain memilih jenis kelamin burung ketika akan membeli Cucak hijau, pemilihan ijoan secara katuranggan/penampilan burung juga diperlukan supaya kita bisa mendapatkan burung Cucak ijo yang bagus.

Katuranggan atau body dan penampilan burung juga dipercaya berpengaruh terhadap performa burung, baik ketika berkicau maupun ketika burung dibawa di gantangan lomba. Burung dengan katuranggan/penampilan baik dan gagah bisa memiliki rasa percaya diri lebih dan mampu membuat burung lain menjadi drop dan tidak berkicau.

Lalu bagaimana ciri berdasarkan katuranggan burung ijoan yang bagus, mari simak ulasannya di bawah ini.

Katuranggan burung Ijoan yang bagus.

  1. Memiliki tubuh besar dan panjang.
  2. Bagian ekor panjang dan melengkung.
  3. Mata besar dan melotot bulat.
  4. Bagian paruh sedang saja tidak terlalu panjang dan tidak tebal.
  5. Warna bulu hijau lumut tajam dan agak gelap, mengkilap.
  6. Kaki terlihat melengkung dan kering dengan kuku yang runcing melengkung utuh.
  7. Ketika sedang menjulurkan lidah, terlihat hitam dan bersih.
  8. Kepala besar dan kotak.
  9. Ketika ijoan sedang berkicau, suara volume terdengar keras dan tajam dengan ekor yang bergerak-gerak.
Selain ciri di atas, pastikan jika burung yang Anda akan beli benar-benar berjenis kelamin jantan bukan betina. Sedangkan untuk perawatan burung cucak hijau setelah dibeli, bisa Anda simak juga caranya di bawah ini.

Pakan dan sangkar untuk cucak ijo.

  1. Cucak hijau akan lebih baik jika dimasukkan sangkar yang tidak terlalu besar dengan dimensi sangkar 40x45cm.
  2. Untuk tangkringan buat bertingkat namun model sejajar menggunakan kayu asam saja, diameter kayu tangkringan sekitar 1-1,5cm.
  3. Ekstra fooding harus selalu kita berikan pagi dan sore berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat bumbung atau bisa juga cacing tanah.
  4. Buah-buahan segar juga selalu tersedian di dalam sangkar, bisa buah pisang, apel atau buah piir. Untuk pisang kapok akan lebih baik diberi kapok putih jangan yang terlalu matang.
  5. Voer kering juga harus selalu tersedia, tidak harus mahal namun berikan voer yang berprotein bagus.
  6. Perawatan harian cucak ijo.
  7. Pagi benar sekitar pukul 06:00 burung bisa diembunkan hingga pukul 07:00 dan biarkan untuk dijemur sekitar 2 jam, selesai penjemuran burung bisa dianginkan dan ditempatkan di tempat yang teduh, hindarkan burung berjejer/berkontak dengan burung sejenis.
  8. Selesai penjemuran dan ketika sedang dianginkan burung bisa sembari kita berikan pakan EF berupa jangkrik 3 ekor.
  9. Sore hari burung bisa dijemur kembali sebentar dan bisa kembali diberi EF berupa jangkrik/ulat bumbung sebanyak 3 atau 4 ekor saja.
Perawatan burung cucak hijau butuh kesabaran dan ketelatenan, karena cucak hijau termasuk burung denga karakteristik yang unik dan sulit ditebak. Karakter ijoan satu dengan lainnya belum tentu memiliki karakter dan perawatan yang sama, jadi kita perlu perhatian/titen sehingga bisa mengenal benar karakter ijoan milik kita.



0 Response to "Pemilihan dan perawatan burung Cucak Hijau yang bagus"

Post a Comment

STTB