Tips merawat ciblek lolohan (kedua)

Memelihara burung ciblek dari anakan dalam kondisi masih lolohan tentu kita berharap jika burung dewasa nantinya menjadi burung yang jinak dan tidak takut dengan manusia.
Karena itu ketika burung masih lolohan, kita perlu juga sesekali atau sering membiasakan burung untuk berinteraksi dengan manusia.
ciblek anakan
Melatih anakan ciblek di luar sangkar
Melatih burung untuk berinteraksi dengan manusia serta melatihnya dengan lingkungan kita bisa dengan memegangnya ketika meloloh pakan, memegang burung bisa kita lakukan di luar sangkar sambil sesekali melepasnya di luar sangkar namun masih di dalam rumah yang aman tentunya.

Hindari benda dan hewan berbahaya yang bisa mengancam keselamatan burung ketika kita melatihnya di luar sangkar, misalkan di luar ruangan yang bisa mengakibatkan burung justru terbang,  hewan seperti kucing yang bisa memakan ciblek piyikan kita, kaca dan cermin yang berpotensi ditabrak burung ketika mencoba terbang dan benda lain yang berpotensi bisa melukai burung ketika berlatih terbang.

Memang cara melatih burung supaya dekat dengan kita bisa dilakukan dengan pemberian pakan, kita bisa memegang pakan  yang berjarak sekitar satu meter kemudian dengan burung dan memancing burung supaya hinggap dan mau memakan pakan yang kita sodorkan.

Jika burung mau menghampiri dan hinggap mengambil pakan di tangan kita, cukup berikan 1 ekor saja dan kemudian lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga sembari melatihnya dengan kode ceplekan atau siulan supaya burung mengambil pakan di tangan kita.

Dengan melakukan cara tersebut secara sabar dan berkelanjutan maka burung akan memiliki mental dan kedekatan yang baik dengan manusia, sehingga burung akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia dimanapun.

0 Response to "Tips merawat ciblek lolohan (kedua)"

Post a Comment

STTB