Tips Memilih Burung Kenari Siap Tempur

Tak sedikit pecinta burung kicauan memilih kenari sebagai burung untuk dilombakan atau kontes, dan tak sedikit pula yang merawat burung kenari hanya sekedar hobi biasa dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan yang didengar suaranya serta dilihat keindahan bentuk tubuh dan warna bulunya, perlu diketahui bersama harga burung kenari untuk kontes sangat mahal, karena memang sudah terlatih dengan baik oleh pemiliknya, serta sudah terbiasa mendengarkan kicauan master.

Terkadang banyak sekali pemula yang ingin mengikutkan perlombaan burung khususnya Kenarimania, perlombaan burung kenari sekarang sudah diadakan dimana-mana sebagai kecintaan mereka pada burung bersuara nyaring dan merdu ini, untuk mengikutkan kenari pada kontes sendiri diperlukan sesuatu yang sangat detail karena tidak semua burung kenari siap dilombakan. Kenari yang sudah siap lomba tentu akan mempunyai mental yang cukup, dalam artian tidak mudah ngedrop atau stres/demam panggung saat melihat atau mendengar suara kenari lain di sekitarnya. Adapun Tips Memilih Burung Kenari Siap Tempur atau kontes adalah sebagai berikut:

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/tips-memilih-burung-kenari-siap-tempur.html
Tips Memilih Burung Kenari Siap Tempur

Tips Memilih Burung Kenari Siap Tempur, Kontes, Lomba


1. Kenari jantan lebih tepat sebagai pilihan untuk kontes, maka dari itu usahakan anda yang akan mengikuti kontes harus memilih kenari jantan, tentunya harus sudah berbunyi.

2. Memperhatikan postur tubuh kenari juga perlu, karena kenari yang posturnya lebih besar dan gemuk lebih malas untuk berkicau. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan postur tubuh dengan ciri-ciri: burung harus lincah, tidak cacat, tidak gemuk.

3. Pilih kenari yang gayanya bagus dan tenang, biasanya kenari yang gayanya bagus itu menurunkan kedua sayapnya. Biasanya kenari saat bernyanyi terus melihat kenari jantan lain maka akan melakukan gaya-gaya lain, seperti bergerak ke kanan dan kekiri, dan juga ada yang merentangkan kedua sayapnya.

4. Perhatikan pula ketika burung kenari sedang berbunyi, apakah bunyinya dilakukan secara ngotot atau tanpa beban? Biasanya burung kenari yang ngotot bisa diketahui pada saat melihat kenari jenis lain berbunyi. Sehingga burung kenari menirukan bunyi kenari jenis lain dengan bunyi yang ngotot.

5. Perlu diperhatikan juga kualitas dari kicau sang burung, apakah kicauannya kasar? sebaiknya pilih kenari yang kicauannya terdengar lebih bagus, yaitu: nyaring dan lebih lama.

6. Kenari harus sudah terbiasa mendapatkan pelatihan atau yang sering disebut dengan istilah mastering. Kenari yang sering mendengarkan suara kicauan master kenari juara, maka kenari tersebut akan lebih bagus dan mampu menirukan suara master tersebut.

7. Burung kenari saat menyanikan lagu, tentu harus dipilih yang suaranya mampu bertahan lama, maksudnya tidak putus nyambung saat di tengah-tengah menyanyikan lagu.

8. Pilih suara kenari yang nyaring, untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara membandingkan kenari tersebut dengan kenari lainnya, bila perlu dibandingkan dengan kenari yang sering juara.

9. Pilihlah kenari yang sudah memiliki mental bagus, biasanya burung kenari yang mentalnya buruk akan susah untuk berbunyi sesuai apa yang diharapkan. Untuk itu perlu juga pelatian khusus agar kenari memiliki mental lapangan yang bagus. Adapun tips melatih mental kenari yaitu:

meletakkan burung kenari pada daerah yang ramai atau yang banyak dilewati orang, Bila perlu sering-sering bawa kenari untuk jalan-jalan atau bisa juga menemui komunitas sesama kenari, dan buat juga kandang umbaran agar kenari memiliki stamina yang fit dan bagus.

Nah itulah Tips Memilih Burung Kenari Siap Tempur atau kontes yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat dan sallam sukses!!

0 Response to "Tips Memilih Burung Kenari Siap Tempur"

Post a Comment

STTB