Melatih Mental Pleci Muda Agar Jadi Petarung

Tips Cara Melatih Mental Pleci Muda Agar Jadi Petarung - Burung pleci atau burung kacamata adalah salah satu burung kicauan yang berukuran kecil,karena hanya berukuran sekitar 12 cm.  Makanan utamanya adalah buah-buahan, ulat, kroto, nektar, dan lain sebagainya. Saat ini Banyak pleci mania yang sengaja membeli burung yang masih bakalan untuk menemani pleci miliknya yang dianggap sudah berpenampilan bagus, tapi ada pula yang membeli burung bakalan lantaran harganya yang murah lalu merawatnya hingga burung jadi. Memang Strategi paling ciamik untuk lebih mudah melatih pleci bakalan karena jika kita merawat mereka secara benar kemungkinan besar saat dewasa mereka akan mempunyai performa yang bagus dan bisa diorbitkan sebagai pleci lomba.

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika memelihara pleci bakalan. Hal-hal itu jika rutin dilakukan bisa membantu menumbuhkan karakter dan mentalnya, serta membantu mempercepat kondisi top-form atau tampil lebih maksimal. Melatih karakter dan mental burung pleci bakalan bisa dilakukan dengan beberapa perlakuan khusus, di antaranya :

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/melatih-mental-pleci-muda-agar-jadi.html
Melatih Mental Pleci Muda Agar Jadi Petarung

Berikut Tips Cara Melatih Burung Pleci Supaya Bermental Baja


1. Selalu dekatkan dalam koloni yg banyak

Inilah hukum pemeliharaan pleci "lebih banyak lebih baik, sangat banyak sangat baik"

2. Biasakan pleci anda ajak jalan-jalan

Biasakan pleci anda ajak jalan-jalan, perlihatkan keramaian orang2 dan lalu lintas, namun jangan sekaligus diajak kelokasi demo buruh, karena pleci akan syok dan stress, perlahan-lahan ajaklah ke area persawahan terlebih dahulu, pandangan mata terhadap alam luas akan merelaksasi pleci.

3. Bawalah ketempat latber (Latihan Bersama) pleci

Bawalah ketempat latber untuk (Latihan Bersama) dengan pleci lain, latih burung pleci jagoan anda agar terbiasa dimedan tempur.

4. Jemur pleci sampai paruh menganga

Jemur pleci sampai paruh menganga, (jemurlah semenjak pagi hari, karena matahari pagi sifatnya menghangatkan, berbeda dengan terik matahari siang yang membakar).

5. Gantung di tempat yg tinggi

Buatlah tiang gantungan tinggi seperti perkutut, dan gantanglah pada sore hari saat suhu matahari berangsur-angsur dingin.

6.  Berikan Tepukan atau siulan

Aba-aba khas dari majikan (anda) misal siulan, hentakan, tepukan dll, berikan saat anda berinteraksi dg pleci anda, dan jangan mengganti ganti ritme/suara tanda aba-aba.

7. Charge berkala

Charge berkala, masukkan pleci betina kedalam kandang dan biarkan secara berkala lalu cabut kembali betina untuk dipisah, namun usahakan suara call sibetina masih terdengar.

8. Terapi Hujan

Sebelum mandi pagi atau sore apabila sedang gerimis, taruh pleci dihalaman tanpa makanan, biarkan kehujanan sampai bulu basah dan burung tidak lg loncat2. lalu bilas dg menyemprot air netral (biasa). semprot air hangat sore hari lebih baik.

9. Gantang ditempat ramai dan berisik

Anda bisa menggantangkan pleci2 anda dipinggir jalan, tempat kerja atau ditempat yg ramai aktifitas, sebagai tempat gantangan hariannya.

10. Susu, Kroto, Madu

Secara tidak langsung telur semut ini sangat manjur untuk mempercepat proses diatas. Dan jangan lupa "Pelihara pleci dalam Sangkar yg Keren"

Tips Cara Melatih Mental Pleci Muda Agar Jadi Petarung diatas adalah cara-cara yang direkomendasikan oleh beberapa pengalaman kicau mania, yg telah lama menekuni hobi ketangkasan burung pleci. Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan terapi mental ini, adalah Sabar..! Semoga bermanfaat dan Sallam Plecimania.

0 Response to "Melatih Mental Pleci Muda Agar Jadi Petarung"

Post a Comment

STTB