Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang- Artikel Sebelumnya mengenai Murai Batu: Rutinitas Harian Murai Batu Buat Persiapan Lomba,Tips Cara Melatih Mental Tempur Murai Batu Muda,Tips Cara Cepat dan Tepat Memaster Murai Batu,Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor,Mengenal Jenis-Jenis Burung Murrai Batu,Murai Batu super Ekor Panjang,Tips Cara Membedakan Jantan & Betina Murai Batu Tips Merawat Burung Murai Batu Mabung,Penyakit Murai Batu Medan Dan Cara Mengatasinya,Cara Mengobati Murai Batu Yang Serak.

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang- Hal yang menjadi daya tarik Murai Batu di kalangan penghobi yaitu selain kemampuan berkicaunya yang handal, adalah keindahan bentuk tubuh yang terlihat sangat proporsional. Tentunya keindahan bentuk tubuh ini tidak terlepas dari ciri fisik yang dimilikinya, salah satunya adalah bentuk ekor yang menjuntai indah memanjang. Ekor murai batu yang panjang dan mengembang menjadi nilai plus dalam penilaian saat lomba. Untuk itu anda harus selalu merawat ekor murai batu agar tidak rusak.

Namun apa jadinya jika ekor MB berubah menjadi pendek? Kejadian seperti ini sering dialami para pemelihara murai, burung yang baru selesai mabung ekornya tidak panjang lagi. Kejadian tersebut seharusnya tidak terjadi. Saat murai batu mabung seharusnya ekor akan bertambah panjang, maksimal sampai pada saat mabung ke empat. Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut? berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan ekor Murai Batu tidak memiliki ekor panjang setelah mabung

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/penyebab-ekor-murai-batu-tidak-tumbuh.html
Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang


1. Suhu udara yang panas

Penyebab Murai Batu memiliki ekor yang pendek berikutnya adalah suhu yang panas. Pasalnya, jika terlalu panas suhu cuacanya, maka zat lilin pada bulu ekor Murai akan hilang dan menyebabkan bulu tidak tumbuh dan berkembang dengan baik.

2. Pakan yang tidak tepat

Saat Murai mengalami mabung, Ia harus mendapatkan asupan nutrisi yang baik. Pasalnya, baik sebelum maupun sesudah mabung, seekor Murai haruslah mendapatkan asupan nutrisi seperti protein dan vitamin yang cukup. Sedangkan fungsi dari zat tersebut adalah untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki bulu Murai agar tetap sehat. Maka bisa dipastikan, jika Murai Batu tidak memiliki ekor yang panjang pasca mabung, maka besar kemungkinan Ia tidak mendapatkan asupan nutrisi yang baik.

3. Dicabuti secara paksa

Bulu Murai juga akan pendek dan tidak bisa berkembang dengan baik, apabila Anda cabuti bulu-bulu tersebut secara paksa.

4. Kondisi stres

Stres juga menjadi penyebab utama Murai tidak memiliki bulu ekor yang panjang. Umumnya hal ini terjadi saat Murai sedang mabung Ia mengalami kondisi yang stres dan terganggu, jadi saat proses penumbuhan bulu itu berlangsung, bulu tersebut tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

5. Diadu sebelum Murai selesai mabung

Umumnya Murai yang memiliki karakter fighter, Ia akan membalas kicauan burung lain dan memainkan ekornya, walaupun dalam keadaan mabung. Jika begini, maka hal yang sangat mungkin terjadi adalah pertumbuhan bulu ekor Murai akan terganggu, bahkan tidak jarang ekor Murai tidak bisa memanjang lagi.

Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang di atas, bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam mencegah dan mengatasi burung MB yang memiliki panjang ekor yang tidak wajar. Tapi yang jelas, untuk mencegah hal ini adalah dengan melakukan perawatan khusus saat Murai tersebut menjalani proses mabung.
Semoga bermanfaat dan semoga sukses..Sallam MB mania.!!

0 Response to "Penyebab Ekor Murai Batu Tidak Tumbuh Panjang"

Post a Comment

STTB